Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur Legenda,Lokasi dan Tiket Masuk


Kunjungi Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur , Untuk kalian yang suka berburu tempat wisata alam yang eksotis, berikut ini benar-benar tempat yang pas untuk anda jelajahi. Air Terjun Coban Rondo terletak di lereng Gunung Kawi, Malang Jawa Timur. Air terjun setinggi 84 meter ini berada di ketinggian 1.135 meter diatas permukaan laut. Air terjun ini bersmber dari mata air Cemoro Dudo yang terletak di lereng Gungung Kawi dengan debit 150 liter per detik pada musim hujan dan 90 liter per detik di musim kemarau. panorama air terjun yang menghembuskan butir-butir air yang dibalut dengan keindahan alam dan disempurnakan dengan udara sejuk pegunungan yang masih sangat alami ini memang menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Pada Akhir pekan atau hari libur nasional, tempat ini selalu ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara. 


Legenda Air Terjun Coban Rondo 

Setiap tempat pasti memiliki sejarah, mitos dan legendanya masing-masing. Begitupula dengan Air Terjun coban Rondo ini, Konon katanya, asal mula Air Coban Rondo ini berawal dari sebuah kisah asmara antara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro. Saat usia pernikahan mereka baru 36 hari, Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke rumah mertuanya di Gunung Anjasmoro. Berdasarkan adat orang Jawa, jika usia pengantin masih Selapan, maka mereka belum diperbolehkan meninggalkan rumah terlalu jauh. Oleh sebab itu, mereka dilarang untuk pergi ke Gunung Anjarwati oleh orang tua Raden Baron. Namun kedua sepasang pengantin itu tetap saja bersikeras berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Ketika sampai di tengah perjalanan, tiba-tiba muncul Joko Lelono yagn ternyata terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati. Raden Baron pun memerintahkan anak buahnya untuk menyembunyikan Dewi Anjarwati ke sebuah lokasi yang terdapat Air Terjun (dalam bahasa jawa disebut Coban). kemudian Raden Baron dan Joko Lelono bertempur hingga keduanya pun tewas. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi Janda (Rondo). Sejak itulah, air terjun itu dinamakan dengan Air Terjun Coban Rondo. 

Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Obejek wisata Air Terjun Coban Rondo ini berlokasi di Kota Batu, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Pujong, Kabupaten Malang Jawa Timur atau sekitar 12 km dari kota Batu. Akses menuju lokasi ini sudah diperbaiki dan sudah beraspal. 

Kendaraan Umum:
Jika anda berkunjung menggunakan angkutan Umum, misalnya Bus silahkan ambil jurusan Malang dari Surabaya - Kemudian naik angkutan umum dari Terminal Arjosari Malang Jurusan Landungsari - Sesampainya di Ladung sari silahkan lanjutkan perjalanan dengan Bus tujuan Kediri Via Pujon, turun di Patung Sapi yang merupakan pintu gerbang ke Coban Rondo - dari sana, silahkan naik oek yang siap engantar hingga ke lokasi Air Terjun.

Kendaraan Pribadi:
Jika anda menggunakan kendaraan pribadi dari jalan raya arah Batu - Pujon, Malang, Setelah melalui tanjakan yang landai dan jalan berkelok-kelok, maka anda akan sampai di puncak perbukitan. Sebuah papan nama dengan ukuran besar akan memberikan petunjuk untuk belok ke arah kiri keluar dari jalan raya guna menemukan obyek wisata Air Terjun Coban Rondo.

atau agar lebih mudah silahkan gunakan google maps untuk melacak lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rondo

Wisatawan domestik Rp. 8000,-
Wisatawan mancanegara Rp.10.000,-

Jika ingin menikmati beberapa wahana yang ada di sekitar air terjun diantaranya
Fun Tubing dengan biaya sebesar Rp. 35.000/orang
Paint Ball dengan paket 3 on 3 (6 orang) dengan 150 peluru biaya sebesar Rp. 450.000,- dan paket 3 on 3 (6 orang ) dengan 300 peluru biaya sebesar Rp.750.000,-.

Fasilitas Air Terjun Coban Rondo

1. Penginapan
Untuk yang berencana menginap di sekitar lokasi wisata terdapat hotel sekitar 5-8 km dari lokasi Air terjun coban Rondao. Harga penginapan di daerah tersebut berkisar antara Rp.50.000 - Rp. 150.000 per malam. 

2. Warung Makan
di dalam area Coban Rondo terdapat warung makan yang menjajakan berbagai makanan cepat saji dengan harga yang cukup terjangkau. 

3. Toilet Umum
Di dalam kawasan objek wisata Coban Rondo terdapat beberapa toilet umum, yang mudah di jangkau

4. Tempat Parkir
Terdapat area parkir yang cukup luas di tempat wisata ini. Tarif parkir untuk sepeda Motor adalah Rp. 2000,-, Mobil Rp. 4.000,- dan Rp. 6.000 untuk roda enam. 

5. Toko Oleh-oleh
Bagi wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh atau souvenir untuk keluarga dirumah, ditempat ini sudah terdapat toko yang menjual berbagai souvenir atau oleh-oleh khas kota batu

6. Tempat Ibadah
Untuk anda umat muslim di Objek wisata ini juga terdapat mushola untuk beribadah.



0 Response to "Air Terjun Coban Rondo Malang Jawa Timur Legenda,Lokasi dan Tiket Masuk"

Post a Comment