Eksotisme Objek Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur, Lokasi dan Tiket Masuk Wisata

Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

Eksotisme Objek Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur, Lokasi dan Tiket Masuk Wisata, Jika anda berkunjung ke kota Situbondo jangan lupa untuk mampir dan berwisata ke Taman Nasional Baluran yang terletak di Banyuputih, Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Ketika berkunjung ke tempat ini anda akan merasa seperti berada di Afrike dengan eksotisme padang savana yang luas. Nama Baluran diambil dari nama Gunung yang terdapat di daerah taman nasional tersebut yaitu gunung Baluran. Taman Nasional Baluran ini merupakan hutan yang memiliki keadaan kering seperti sebuah savana dan juga terdapat beberapa jenis hutan dalam satu kawasan seperti hutan rawa, hutan musim hutan mangrove dan hutan pantai. 

Di Taman Nasional Baluran ini terdapat pos pengamatan yang bisa anda kunjungi menyerupai Batangan yang merupakan Goa peninggalan Jaman penjajahan Jepang. Disitu anda dapat menyaksikan burung merak yagn sedang Kawin di musim Kawin. Disana juga terdapat makan Putri Malik Maulana Ibrahim. 

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ini terletak di Sebelah Utara Kabupaten Banyuwangi dan masuk ke dalam wilayah Banyuputih, Situbondo, dan Wongsorejo. Di sebelah Utara dari Taman Nasional Baluran ini berbatasan langsung dengan Selat Madura, Sedangkan di Sebelah Timur berbatasan dengan Selat Bali. Dibagian tengah dari Taman Nasional ini terdapat Gunung Baluran yang dahulunya merupakan Gunung Berapi yang aktif. Tetapi sekarang Gungung tersebut sudah tidak aktif lagi. Taman Nasional Baluran ini diapit juga oleh Gunung Ijen dan Gunung Semeru. 

Destinasi Wisata Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran ini merupakan padang Savana terluas yang ada di Pulang Jawa Indonesia, Orang bilang Taman Ini Nampak seperti Afrika ala Indonesia. Pemandangan Padang Savana yang Eksotis lengkap dengan aneka macam spesies hewan serta tumbuhan yang menambah cantik tempat ini. Di tempat ini anda bisa menemukan Rusa Liar yang berlarian satu dengan yang lainnya. 

Karena keindahan dan keunikan dari Taman ini banyak orang yang mengabadikan Momen berkumpul mereka bersama keluarga dengan background Padang savana Taman Nasional Baluran ini. Waktu yang tepat untuk menyusuri Kawan ini adalah pukul 4 hingga 5 pagi karena anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Anda bisa menyaksikan matahari terbit. 

Wahana Taman Nasional Baluran

1. Hutan Musim
Wahana yang terdapat di Taman Nasional Baluran salah satunya Hutan Musim, Pada musim penghujan, hutan ini akan terlihat rimbun dan menghijau, namun pada musim kemarau, dedauan yang tampak hijau berubah menjadi berwara kuning kecoklatan. Kawan ini sejauh kurang lebih sekitar 5 Kilometer. 

2. Hutan Evergreen
Selain Hutam Musim, di Taman Nasional Baluran juga terdapat Hutam Evergreern, serperti namanya hutan ini selalu terlihat hujau dan dapat anda lalui di kilometer 6 sampai 9. 

Evergreen Taman Nasional Baluran

3. Padang Rumput (Savana Bekol)
Savana Bekol merupakan tempat yang paling pas untuk anda kunjungi dan jadikan background foto kalian. Luasnya padang savana ini nampak seperti berada di Afrika. Anda akan sangat kagum dengan luasnya Padang savana sejauh mata memandang. Di padang rumput inilah anda juga akan menumui Species Hewan seperti Rusa, dan berapa hewan lainnya berlalu lalang, menampakkan diri di depan anda. Untuk anda yang ingin melihat lebih jelas luasnya Padang Savana Bekol ini anda bisa melihatnya melalui menara pandang setinggi 30 meter yang terapat di objek wisata ini. 

Savana Bekol Taman Nasional Baluran


4. Pantai Bama Taman Nasional Baluran
Pantai Bama memiliki pemandangan yang tak kalah seru dengan Wahana lainnya. Di pantai ini anda dapat berenang snorkelling Menyelam dan menaiki perahu yang telah di sedikan oleh petugas wisata. 

Pantai Bama Taman Nasional Baluran

5. Goa Jepang
Dibalik keindahan Taman Nasional ini anda juga dapat belajar peninggalan Sejarah Penjajahan Jepang yaitu Goa Jepang yang luasnya sekitar 12 meter persegi, dahulunya tempat ini menjadi tempat bertahan dan menyimpan amunisi. Lokasi Goa Jepang ini berada di pintu masuk Taman Nasional Baluran. 

6. Dermaga Mangrove Bama
Dermaga mangrove bama berlokasi hanya sekitar 100 meter ke arah selatan dari pantai Bama, tempat ini dikenal sebagai tempat romantis di Taman Nasional ini. Banyak para muda-mudi mengabadikan momen kebersamaan mereka dengan teman ataupun keluarga di tempat ini. Anda juga dapat menemukan berbagai hewan liar seperti Biawak, Monyet dan Burung Bangau.

Dermaga Mangrove Bama Taman Nasional Baluran

Akses Menuju Lokasi

Jika anda berasal dari Luar Jawa Timur anda bisa menuju ke Surabaya terlebih dahulu. Setelah sampai di Surabaya ambil rute jalur pantai Utara ke arah kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan kemudian berakhir di Banyuputih. Ketika sudah sampai di Banyuputih kemudian pilih jalan menuju Desa Bilik, Wongsorejo setelah di tengah perjalanan di desa ini anda bisa mengambil jalan belok kiri menuju Visitor center. Untuk lebih jelaskanya silahkan lihat Maps berikut ini 

Peta:


Harga Tiket Masuk Wisata

1. Tiket Masuk Hari Biasa ( Senin - Jum'at)
Pengunjung domestik/Wisatawan Lokal : Rp. 15.000,-
Wisatawan Mancanegara: Rp. 150.000,-
Biaya Parkir :
Roda 2: Rp.5.000,-
Roda 4: Rp.10.000,-
Roda 6 (Bus) : Rp.50.000,-

2. Tiket Masuk Hari Libur 
Wisatawan Lokal: Rp. 17.500,-
Wisatawan Mancanegara: Rp. 225.000,-
Tarif Parkir:
Roda 2: Rp.7.500,-
Roda 4 : Rp. 15.000,-
Roda 6 : Rp. 75.000,-

* Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu

Demikian informasi dari kami tentang Eksotisme Objek Wisata Taman Nasional Baluran Kabupten Situbondo Jawa Timur, Selamat menikmati Hari liburan anda. Jangan lupa belajar dari Alam. Sampai jumpa di Informasi Objek Wisata Berikutnya. 

0 Response to "Eksotisme Objek Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur, Lokasi dan Tiket Masuk Wisata"

Post a Comment