Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur


Taman Nasional Alas Purwo ini terletak di Kabupaten Banyuwangi, Seperti yang kita ketahui banyuwangi merupakan kabupaten yang dikenal dengan potensi pantainya yang berlimpah, mengingat Banyuwangi merupakan kota yang berdekatan dengan Pulau Bali. Dari banyaknya objek wisata yang terdapat di Kota Banyuwangi salah satunya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Taman Nasional Alas Purwo memang sebuah hutan wisata yang tersedia banyak sekali potensi wisata didalamnya muali dari pantai, air terjun, padang savana dan masih banyak lagi. Bahkan adajuga beberapa pura yang bisa kita temukan di dalam Taman Nasional Alas Purwo ini. 

Meskipun Taman Nasional Alas Purwo memiliki banyak wahanya yang menarik, Tidak jarang juga banyak orang yang mengaitkan Taman Nasional Alas Purwo dengan suasana mistis didalamnya. Hal tersebut dikarenakan sejak dulu Taman Nasional Alas Purwo memang dikenal sebagai hutan kutukan dimana banyak mantra-mantra didalamnya. 

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo sendiri masuk dalam Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dimana lebih tepatnya terletak di dalam 2 Kecamatan, Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Kalipuro. Taman ini juga merupakan perlintasan jalur antara Banyuwangi dan Situbondo. Dari arah Pelabuah Ketapang, Alas Purwo hanya berjarak sekitar 5 Km. Sedangkan dari kota Banyuwangi sendiri Anda harus menempuh jarak sekitar 14 km ke arah utara. 

Akses Menuju Taman Nasional Alas Purwo

Agar bisa sampai ke Taman Nasional ini anda bisa melalui beberapa rute, silahkan simak rutenya berikut ini:

  • Dari Banyuwangi, Perjalanan menuju Kecamaan Rogojampi - Srono - Muncar - Tegaldlimo. SEsapai di Kecamatan Tegallimo, anda harus menyusuri jalan sekitar 10 km melalui jalan berbatu. Setelah itu, Anda akan menemukan Pos Perhutani Taman Nasional Alas Purwo yang merupakan gerbang masuk menuju Alas Purwo. 
  • Untuk anda yang berasal dari Surabaya, bisa mengambil rute Surabaya - Jember yang memakan waktu tempuh sekitar 4 s.d 5 Jam. Dari arah Kote Jember, menuju Kecamatan Genteng yang berjarak sekitar 65 km, kemudian lanjutkan perjalanan menuju jajag - Srono - Muncar - Tegaldlimo. Selanjutnya akan sampai di Alas Purwo. 


Belum ada kendaraan umum untuk menuju taman Nasional Alas Purwo, jadi kami sarankan agar anda menggunakan kendaraan Pribadi saat berkunjung ke tempat ini. 

Objek Wisata di Taman Nasional Alas Purwo


1. Savana Sadengan 
Objek Wisata ini merupakan taman yang terhampar luas dengan koleksi hewan yang beraneka ragam. Hewan liar ini hidup di alam bebas di habitat aslinya. Disini anda bisa melihat rusa, Banteng bahkan babi hutan. Selain itu anda juga bisa menemui berbagai jenis Burung, Waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini pada pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 9 atau sore hari dari setengah empat sampai jam 5. Karena pada jam tersebut Species Hewan tersebut akan berkumpul dan bermain. 

2. Pantai Plengkung
Pantai Plengkung merupakan salah satu tempat berselancar andalan di Banyuwanig. Pantai dengan ombak yang cukup menantang, Pantai ini juga sering disebut sebagai pantai G-Land, Para peselancar tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi juga Dari luar negeri, Bahkan pantai ini juga pernah dijadikan event selancar tingkat dunia. 

3. Pantai Trianggulasi
Trianggulasi merupakan destinasi wisata di Taman Nasional Alas PUrwo yang tidak boleh anda lewatkan, Sebuah pantai Cantik berpasir putih sangat cocok menjadi tempat liburan bersama pasangan tercinta. Suasana romantis akan sangat terasa di tempat ini. 

4. Pantai Pancur
Pantai Pancur juga tidak kalah indah dari pantai plengkung dengan suasana natural dan pasir putih serta Air laut yang berwarna biru jernih berpadu menjadi sebuah pemandangan yang menyeukkan mata. 

5. Pantai Ngagelan
Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki Pantai Sukamade. Pantai Penyu ini menjadi salah satu tempat menarik untuk kita kunjungi, disini kita dapat melihat aktivitas penyu bertelur saat malam hari. 

6. Pantai Cungur
Pantai Cungur ini bisa melihat berbagai jenis burung liar karena pantai ini merupakan habitat burung lokal yang juga burung migran yang kebetulan sedang berada di Pantai Cungur pada waktu-waktu tertentu. 

7. Hutan mangrove Bedul 
Disini anda bisa berkeliling area hutan mangrove dengan menyewa perahu nelayan. Pengembangan area wisata di kawasan ini sendiri merupakan hasil kolaborasi pihak Taman Nasional Alas Purwo dengan warga di Sumber Asri.

8. Bangunan Pura Luhur Giri Salaka
Pura ini merupakan pura kuno yang masih aktif digunakan untuk melakukan upacara adat umat Hindu. Lokasinya berada di jalan masuk menuju pantai rianggulasi. Pura ini sekaligs menjadi salah satu tempat wisata religi di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Wisatawan yang berkunjung dapat melihat upacara adat Hindu yang diadakan di pura ini adalah pager Wesi. Yakni upacara sakral yang dilaksanakan setiap 210 hari sekali. tujuan dari upacara ini adalah penyelamatan ilmu pengetahuan penolak ancaman raksasa bagi umat manusia yang diturunkan oleh para dewa. Bangunan pura ini sendiri tidak jauh berbeda dengan pura-pura yang banyak dijumpai di Bali. Ada juga beberapa patung yang dibalut dengan kain kotak-kotak hitam putih yang merupakan kain Khas Bali. 

Kisah Mistis di Taman Nasional Alas Purwo

Setiap tempat pasti memiliki sejarah nya masing-masing, begitu pula dengan Taman Nasional Alas Purwo. Konon, sejak masa penjajahan tak ada manusia yang bisa pulang jika sudah masuk ke kawasan Alas Purwo. Semengara bagi orang yang dapat keluar dengan selamat dari Alas Purwo konon mereka akan mendapatkan musibah atau mendapat kecelakaan semasa hidupnya. Dengan hadirnya berbagai mitos gaib tersebut kemudian Taman Nasional Alas Purwo sampai saat ini digunakan untuk menimba ilmu gaib dan dijadikan tempat teraman dan ternyaman bagi petapa bersemedi. 

Di Taman Nasional Alas Purwo ini terdapat lebih dari 40 Goa dan hampir semuanya dihampiri orang untuk bertapa. Ada salah satu Goa yang sangat terkenal disini yaitu Goa Istana. menurut banyak orang jika Goa Istana ini pernah dikunjungi oleh Presiden Pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno untuk bertapa dan mencari ketenangan. 

Taman Nasional Alas Purwo sendiri memiliki suatu daya tarik. Dibalik kisah Mistis dari Taman Nasional Alas Purwo memang terdapat daya tarik berupa keindahan alam yang indah. 

Demikian informasi dari kami tentang Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo, Selamat menikmati liburan anda bersama keluarga tercinta.

0 Response to "Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Jawa Timur"

Post a Comment