Wana Wisata SIMBAT Wuluhan Jember Jawa Timur - Wisata Alam Terbaru di Kota Jember


Kunjungi Wana Wisata SIMBAT Wuluhan Jember Jawa Timur  - Jalan-jalan ke kota jember jangan lupa sempatkan diri untuk mampir ke wana wisata SIMBAT yang terletak di kota jember tepatnya di desa Tamansari, Wuluhan, Kabupaten Jember Jawa Timur. Wisata Alam ini merupakan tempat wisata terbaru yang ada di kota jember dan resmi dibuka pada bulan April 2017 yang lalu. 

SIMBAT merupakan sebuah nama yang sedikit asing terdengar, hal itu wajar karena memang tempat wisata ini baru dibuka pada bulan April 2017 yang lalu. Namun Wana Wisata Simbat ini sudah cukup terkenal dan bnayak dikunjungi oleh wasatawan lokal maupun luar kota jember. Nama SIMBAT sendiri merupakan kepanjangan dari Sukmo Ilang-Manggar-Babatan. yang ternyata memiliki kisah yang menarik untuk ditelisik dibalik terciptanya Wisata Alam ini. 

"Sukmo Ilang itu tempatnya, Manggar itu nama pegunungannya, sedangkan Babatan merupakan Orangnya, yaitu warga yang mengelola tempat ini" Tutur dari salah satu ketua Pokdarwis atau kelompok Sadar Wisata di Dusun Krajan Tamansari yaitu Yudi Eko Prasetyawan. 

Sejarah Wisata Alam SIMBAT (Sukmo Ilang- Manggar - Babatan)

SIMBAT Sendiri ada karena terinspirasi dengan adanya penambangan liar, setelah terjadi di Kesilir, Wuluha. Sukmo Ilang juga menjadi sasaran kedua penambangan liar tersebut. Oleh karena itu, Yudi dan Anggotanya, serta warga sekitar berusaha agar bisa menyelamatkan wilayah tempat tinggal mereka dari penebangan liar tersebut. Berbekal hal itulah, Yudi beserta Pokdarwisnya juga warga sekitar berinisiatif dan bergerak dengan membuat wana Wisata agar tempat tersebut bebas dari penambangan liar. Namun meksipun sudah ada beberapa lubang yang pernah digali, ada satu lubang yang memang sengaja tidak ditutup. 

Pesona Wisata Alam SIMBAT Wuluhan Jember Jawa Timur

Meskipun tempat wisata ini masih tergolong baru, namun sudah banyak warga yang antusias mengunjungi wisata ini karena terpesona dengan keindahan alam yang baru mereka ketahui. Terlebih, ketika Anang dan Ashanty berkunjung ke Tempat wisata ini pada bulan Agustus 2017 yang lalu. Hal tersebut semakin menjadi daya tarik dan membuat tempat ini lebih dikenal secara luas, termasuk menjadi daya tarik bagi mereka yang berada di luar Jember. 


Wahana dan Fasilitas

Jika kalian berkunjung ke Wana Wisata Simbat kalian akan menjumpai beberapa rumah pohon, musholla, Air Terjun mini, spot selfie dan wawasan tentang aneka flora lengkap dengan nama ilmiahnya. Kalian juga dapat berkuda, dan menaiki flying fox yang ada di tempat wisata ini. sampai saat ini Wana Wisata SIMBAT terus melakukan porses pembangunan wahana dan fasilitas penunjang lainnya. 

Tidak hanya rumah pohon, Berkuda, dan Flying Fox saja, di tempat ini wisatawan juga dapat mendaki ke atas Gunung Manggar dimana terdapat batu besar dan di tempat itulah, biasanya wisatawan mengabidikan momen bersama keluarga dan teman untuk berfoto ria dan bersantai. Pengunjung dapat melihat pemandangan dari atas ketinggian. 

Lokasi Wisata

Wisata alam ini terletak di RT.01/RW.01 Dusun Krajan, Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Jember Jawa Timur. Akses menuju lokasi dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua, baik sepeda motor atau sepeda. Medan yang ditempuh adalah jika melalui Jember Kota langsung saja menuju Kecamatan Wuluhan, atau jika anda dari Balung ke Wuluhan, Akses menuju lokasi cukup mudah karena jalan sudah diaspal. Namun ketika masuk wilayah Dusun Krajan Babatan, medan berganti dengan jalan terjal, dan sedikit berliku dan menanjak. Jadi Jika anda berkunjung ke wisata ini kami sarankan agar berhati-hati dan melengkapi perlengkapan keselamatan lainnya. Jalan menuju SIMBAT ini masih terbatas, dan hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua dan minibus saja.


Biaya Masuk Wisata 

untuk biaya retribusi cukup murah dan terjangkau. Anda hanya akan membayar biaya parkir roda dua sebesar Rp. 3.000,- dan Roda Empat Rp.5.000,-

Jam Buka 

Untuk anda yang ingin berkunjung tempat wisata ini dibuka mulai dari jam 7 hingga jam 5 sore. 

Jika anda lelah dan ingin beristirahat atau makan siang, di tempat ini juga sudah tersedia warung makan yang menyediakan Makanan dan minuman yang dapat mengganjal perut setelah menjelajahi keindahan Wana Wisata SIMBAT ini. Mayoritas pedagang juga warga sekitar Dusun Krajan. 

Nah, bagaimana? tertarik berkunjung ke tempat wisata ini? selagi masih liburan, buruan ajak keluarga atau teman-teman kalian untuk berwisata ke SIMBAT ini. Jangan lupa, untuk belajar dari alam ya...! Sekian informasi dari jtour.id, jika terdapat pertanyaan atau komentar lainnya. silahkan cantumkan di kolom komentar bawah ini.





0 Response to "Wana Wisata SIMBAT Wuluhan Jember Jawa Timur - Wisata Alam Terbaru di Kota Jember"

Post a Comment