Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tigkat Malang - Jawa Timur


Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tigkat Malang - Jawa Timur

Air Terjun Coban Trisula Malang - Jawa Timur
Air Terjun Coban Trisula Malang - Jawa Timur, Bagi kalian yang suka mengunjungi tempat wisata alam yang eksotis, kali ini Jtour akan memberikan informasi tempat wisata alam yaitu Air Terjun Trisula Malang. Wisata Alam Coban Trisula berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.Air Terjun Coban Trisula ini masih termasuk dalam kawasan perhutani yang terletak di Blok kali Lajing Coban Trisula ini tidak terlalu dikenal oleh masyarakat malang dan sekitarnya, padahal lokasi Coban Trisula ini sangat indah sekali dengan pesona alam pegunungan yang masih alami ada disekitar Coban tersebut.Air Terjun Coban Trisula ini biasanya populer di kalangan pendaki Gunung Semeru. Karena, air terjun di Malang ini merupakan salah satu tempat persinggahan pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bromo, setelah mereka mendaki Gunung Semeru.

Legenda dinamakannya Trisula
Sebenarnya trisula adalah nama senjata semacam pisau bercabang tiga. Itulah yang melatari nama air terjun Coban Trisula. Dinamakan demikian karena air terjun ini jatuh ke sungai sebanyak tiga tingkat. Tingkat paling atas dinamakan Coban Atas, merupakan air terjun utama dari curahan sungai Lajing dengan ketinggian sekitar 35 m. Di bawahnya ada Coban Tengah, yaitu air terjun kedua yang bersumber dari aliran air terjun pertama dengan kolam penampungan air di bawahnya. Ketinggian coban Tengah hanya 2,5 m. Tingkat terakhir adalah Coban Bawah atau air terjun ketiga yang bersumber dari aliran Coban Tengah. Coban terakhir ini memiliki ketinggian sekitar 11 m dan letaknya agak tersembunyi.

Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tigkat Malang - Jawa Timur


Keunikan dari Air Terjun Trisula
Uniknya, di setiap coban tersebut ada obyek yang bersejarah. Misalnya di coban bawah terdapat sebuah batu tugu, batu meja kecil, dan bukit yang menyerupai kubah. Di coban tengah terdapat batu meja besar dan tebing batu,  sedangkan di coban bagian atas ada batu pintu dan tebing batu. Semua obyek-obyek tersebut memiliki legendanya masing-masing. Selain ketiga air terjun yang memiliki karakteristik berbeda tersebut, kawasan Coban Trisula juga menawarkan keindahan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar lokasi. Keindahan alam  tersebut tentu mengundang pengunjung yang berbeda pula. Bagi para pecinta flora, berbagai tanaman seperti palm, lian, anggrek, paku-pakuan, dan tumbuhan epifit lain yang tumbuh liar dapat Anda nikmati di sini. Bahkan, wisatawan juga dapat menikmati berbagai burung pekicau di kawasan ini. Coban ini biasanya dijadikan tempat persinggahan para pendaki yang menuju maupun pulang dari Bromo.

Lokasi  Menuju Air Terjun Coban Trisula
Jarak dari Kota Malang ke Coban Trisula sekitar 35 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan mengendarai motor. Jika menggunakan angkutan umum dapat memilih mikrolet rute TA, Tumpang-Arjosari dari Terminal Arjosari dan turun di Terminal Tumpang. Dari sini wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan menuju Gubuklakah. Sesampainya di Pemberhentian Gubuklakah dapat menggunakan ojek menuju Coban Trisula.  Selain dari Kota Malang, dapat ditempuh juga dari Pasuruan, Lumajang, maupun Probolinggo.  Untuk mencapai air terjun ini, anda bisa mengikuti arah menuju Coban Pelangi.
Sesampainya di tempat parkiran mobil air terjun ini, perjalanan menuju dasar coban ini dilakukan dengan berjalan kaki sekitar 4 km. Selanjutnya ditambah lagi dengan track turun sekitar 1 km. Perlu diperhatikan, kondisi jalan menuju ke sana cukup licin dan medan yang cukup sulit. Sehingga sangat diperlukan ekstra kehati-hatian dalam berjalan, walaupun sudah dibangun tangga-tangga yang sudah disemen. Namun, usaha kalian akan terbayarkan begitu sampai di air terjun nanti.

Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tigkat Malang - Jawa Timur


Fasilitas Yang Dapat Dinikamti
Wisatawan akan menikmati panorama hutan yang alami dan sejuknya udara pegunungan. Di dekat air tejun memang tidak terdapat fasilitas pendukung apapun, akan tetapi di daerah pos perijinan atau tempat parkir juga terdapat fasilitas kamar mandi (toilet umum).

Harga Tiket Masuk Air Terjun Trisula
Untuk dapat masuk ke Wisata Air Terjun Trisula terdapat tiket atau tarif khusus Tarif  masuk obyek wisata ini adalah dua dollar atau sekitar Rp 20.000 per orang untuk wisatawan mancanegara. Untuk pengunjung lokal tarifnya sebesar Rp 2.500. Khusus bagi pelajar, terdapat potongan harga sebesar 50 persen dengan menunjukkan tanda pengenal/kartu pelajar yang masih berlaku.

Demikian yang dapat disampaikan itulah informasi seputar Wisata Alam Air Terjun dengan keindahannya Jadi jangan heran bila anda berkunjung ketempat ini jika masih jarang wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam seperti itu dan menikmati kesujukan asli alamnya.


0 Response to "Coban Trisula, Air Terjun Tiga Tigkat Malang - Jawa Timur"

Post a Comment