Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya - Jawa Timur


Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya - Jawa Timur
Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya
Hutan Mangrove Wonerejo Surabaya - Kota Surabaya memang terkenal dengan kota hawa panas dan merupakan salah satu kota paling bersar dengan penduduk yang sangat padat di propinsi Jawa Timur.  Hal ini dikarenakan di Kota Surabaya memang banyak sekali berdiri bangunan perkantoran maupun hotel yang menjulang tinggi serta jalur lalu lintasnya juga sangat padat dan membuat udara di kota menjadi tercemar.Saat ini Kota Surabaya sudah memiliki sedikit ruang hijau dengan adanya berbagai taman kota yang sudah mulai banyak dibangun oleh Pemerintahan Kota Surabaya. Dengan adanya sedikit ruang hijau di Kota Surabaya tentunya akan dapat mengurangi jumlah polusi kendaraan yang ditimbulkan setiap harinya. Kota Surabaya juga memiliki satu lagi ruang hijau yang alami yaitu Hutan Mangrove Wonorejo dengan memiliki udara yang sangat sejuk dan udaranya yang sama sekali tidak tercemari oleh polusi. Lokasi tersebut bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata yang biasa dikunjungi oleh masyarakat Kota Surabaya khususnya untuk refreshing.

 Lokasi Hutan Mangrove Surabaya ini tepatnya berada di Jalan Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Jadi rutenya, jika dari Bandara Internasional Juanda maka Hutan Wisata Mangrove Wonorejo ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan jarak sejauh 17.4 km melalui Jalan Tol Waru – Juanda. Di kawasan Hutan Mangrove Wonosari ini sering dijadikan sebagai sarana pendidikan oleh beberapa instansi untuk menjaga kelestarian alam dengan cara menanam mangrove di kawasan tersebut.   

Cara Menuju ke Lokasi Hutan Mangrove
Untuk menuju ke lokasi hutan mangrove, banyak titik yang harus dilalui. Titik yang pertama berada di pintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo yang bisa anda gunakan untuk berisitirahat. Dari sini, kawasan hutan masih belum terlihat sehingga harus berjalan ke dermaga, tempat kapal-kapal yang membawa anda ke kawasan hutan berada. Di ujung lintasan, anda akan menjumpai dua gazebo yang didirikan oleh kepolisian Surabaya dan salah satu perusahaan BUMN Indonesia. Anda bisa beristirahat di gazebo tersebut sembari menikmati ketenangan suasan hutan mangrove yang indah.



Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya - Jawa TimurEkowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya - Jawa Timur

Fasilitas Hutan Mgrove
Sejumlah kapal dan perahu telah disiapkan, mulai dari Kapal Jaya Samudra yang berkapasitas 50-60 orang, Perahu berkapasitas 35 dan 40 orang dewasa, dan speedboat yang berkapasitas 6 orang. Jika ingin menggunakan speedboat maka anda dikenai tiket masuk sebesar Rp 300.000 untuk satu kali perjalanan.
Selain kapal dan gazebo, Ekowisata Mangrove Wonorejo juga memiliki sejumlah fasilitas lain, seperti musholla, toilet, area penjualan batik mangrove hingga restoran. Keberadaan Ekowisata Mangrove Wonorejo bisa menjadi salah satu alternatif wisata alam di Surabaya.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove
Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Mangrove Wonorejo anda akan dikenai tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Harga tiket ini sudah termasuk ongkos kapal dan perahu yang mengantar anda menuju ke hutan.   Untuk cost parkirnya pengunjung mesti membayar Rp 2. 000 per motor serta Rp 5. 000 per mobil.

Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya - Jawa Timur


Jagalah keindahan dan kelastrian alamnya, jangan sampai merusak keindahannya dan selalu jagalah kebersihannya. karna dengan kita dapat menjaga kelestariannya sama halnya kita dapat menjaga kesehatan kita sendiri dengan begitu kita dapat belajar dari alam.


0 Response to "Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya - Jawa Timur"

Post a Comment