Lepas Penyu Laut di Pantai Lampuuk Banda Aceh

Lepas Penyu Laut di Pantai Lampuuk Banda Aceh

Awalnya pantai ini adalah primadona wisata dari Kota Banda Aceh sebelum terjadi tsunami di tahun 2004.setelah 11 tahun lebih berlalu, pantai ini kembali menampakkan keindahan panorama alamnya bahkan hampir menyami Pantai Kuta Bali. Walaupun keindahannya berkurang karena pengaruh gelombang besar tsunami, kini telah kembali dan siap dijadikan sebagai destinasi wisata di Provinsi Aceh dan Banda Aceh.

Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung, baik dari Banda Aceh, Melaboh, atau daerah-daerah lainnya.
Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke pantai ini adalah mengunjungi konservasi penyu. Terletak di Babah Dua, konservasi penyu dapat menjadi wahana edukasi kepada anak-anak mengenai pelestarian lingkungan.

Meskipun aktivitas massal seputar konservasi penyu hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, pengunjung dapat menemukan sejumlah tukik atau anak penyu yang ditampung di kolam kecil di salah satu sisi area ini. Tukik ini akan dilepas ke laut ketika mereka dianggap sudah cukup mampu bertahan di alam lepas. Dengan pasir putih dan pepohonan pinus yang rindang, tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk melepas kepenatan. layanan penduduknya sangat menunjang kenyamanan dalam menikmati atraksi alam sekitar.

Saat terjadinya tsunami, pantai yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Banda Aceh ini termasuk yang mengalami kerusakan cukup parah. Hotel-hotel yang berada di tepi pantai dan pemukiman penduduk di sekitarnya hancur dihempas gelombang besar.
Lebih dari separuh penduduk Lampuuk meninggal dalam bencana tersebut. Trauma terhadap ancaman tsunami membuat masyarakat enggan untuk datang ke pantai ini, selain karena banyaknya pohon pinus yang tumbang dan puing-puing sisa tsunami. Hal ini sempat membuat pantai ini tertutup untuk aktivitas pariwisata.

Akan tetapi, secara berangsur pantai ini pun kembali pulih. Kurang lebih setahun setelah tsunami, aktivitas pariwisata di pantai ini pun kembali ramai. Dalam proses rehabilitas dan rekonstruksi pasca tsunami, pengelolaan Pantai Lampuuk diintegrasikan dengan beberapa objek wisata lainnya di Aceh, seperti Pulau Weh, Danau Laut Tawar, dan Dataran Tinggi Takengon.
Ada empat jalur masuk yang bisa dilalui oleh para pengunjung untuk menuju ruas pantai yang berbeda, yaitu Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga, dan Babah Empat. Masing-masing pintu masuk dinamai berurutan sesuai posisinya, dari yang paling selatan ke yang paling utara

Jalur yang banyak dilalui para pengunjung lokal umumnya adalah Babah Satu dan Babah Dua. Turis asing biasanya datang dari jalur Babah Tiga. Lokasi ini biasanya digunakan untuk kegiatan surfing atau sekadar bersantai menikmati liburan musim panas. Rimbunan pohon pinus di sepanjang sisi pantai ini membuat suasana menjadi tenang sangat terealisasikan. Banyak alasan untuk Anda agar singgah di pantai ini. Salah satunya adalah adanya garis pantai yang lebar dipantai ini. Berkunjung ke pantai ini, meski saat musim liburan, Anda akan tetap merasa lapang dan tenang. Selain menawarkan keindahan pantai dan suasana yang tenang, pantai ini menyediakan tempat istirahat untuk anda rehat sejenak. Jika tidak membawa bekal apapun atau lapar saat berada di Pantai ini, anda bisa menikmati sejumlah fasilitas yang ada di sekitar pantai ini. Banyaknya seafood hasil tangkapan nelayan lokal yang bisa anda nikmati langsung ketika berkunjung ke pantai ini menjadi tawaran yang bisa anda coba. pantai ini telah menjadi tempat yang cocok bagi pemburu makanan lezat. Mencicipi kepiting besar, udang windu, tiram, dan berbagai jenis ikan karang yang lezat sambil menikmati indahnya pesona dari pantai ini..Ada banyak pilihan tempat wisata untuk mengisi hari libur atau hanya sekedar menghilangkan penak dan menghilangkan lelah saat bekerja. Ada banyak cottage untuk beristirahat dipinggir pantai. Juga sangat banyak pedagang ikan bakar atau makanan ringan yang ada disekeliling pantai khususnya pada saat musim liburan serta ditemani dengan air kelapa muda yang segar.Terdapat deretan warung ikan bakar yang dibangun menghadap laut dengan menu beragam. Pecinta kopi juga dapat menikmati kopi di warung-warung di pantai ini. Juga ada kelapa muda, mie rebus dan makanan lainnya. Bangunan pondok yang ada di warung penjajal makanan ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat, menyantap makanan, dan merebahkan tubuh. Tiupan angin pantai yang sejuk menambah kenikmatan saat berteduh sambil melihat ke arah pantai yang mempesona.

Pantai Lampuuk memiliki garis pantai yang panjang, yaitu sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing bebatuan karang di ujung pantai. Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini mulai dari berjemur, berselancar, berenang dan juga bermain banana boat. Selain itu juga ada kegiatan unik lainnya yang dapat kita lakukan yaitu pelepasan hewan lindung yaitu penyu. Karena di pantai ini juga ada tempat penangkaran penyu yang dapat Anda kunjungi disana. Sehingga menjadikan Pantai Lampuuk sebagai destinasi Wisata yang harus Anda kunjungi sebagai seorang traveler sejati.
Pantai Lampuuk menawarkan segala keindahan bawah laut yang bisa kita nikmati bahkan tanpa harus berenang sekalipun. Tak sedikit wisatawan yang menyatakan keindahan Pantai ini, Lengkung pesisirnya seperti bibir tersenyum menyambut pengelana merasakan kehangatan hutan hujan tropis yang bertahtakan kekayaan flora dan fauna Indonesia.

Di sini terdapat banyak perahu milik penduduk yang dapat disewa untuk berkeliling pulau atau untuk sekedar melihat titik-titik untuk menerawang keindahan bawah laut  Perahu yang tersedia secara umum terdiri dari perahu kecil dan perahu besar. Bagi kita yang tidak bisa berenang, perahu besar umumnya dilengkapi jendela kaca yang menghadap ke dasar dan dapat digunakan untuk melihat keindahan bawah laut dari atas kapal. Tetapi bagi anda yang ingin snorkling dan diving, anda bisa menyewa alat snorkling cukup dengan harga Rp 40.000 per orang dan peralatan yang dapat digunakan adalah pelampung, master snorkling, dan kaki katak. Bagi anda yang ingin menikmati alam bawah laut lebih leluasa, anda bisa menyewa peralatan diving sekaligus didampingi oleh guide dengan membayar Rp 400.000 per orang atau 25 Euro bagi turis asing.

Hunting foto bagi anda yang hobi berfoto dan tengah mencari objek untuk foto / memotret, anda bisa berkunjung ke pantai ini. Terdapat banyak sekali objek menawan yang bisa anda gunakan / dijadikan objek karya fotografi anda. Seperti hamparan pasir, keramaian, keindahan, perahu - perahu, fenomena sunset dan lain - lain. Menariknya lagi ketika anda sudah singgah ditempat ini anda akan merasakan pikiran yang membuat anda tak henti mengingat indahnya objek wisata pantai ini.

Bagi penggemar snorkel yang berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat disini. Berjemur disinar matahari di pantai dengan pasir putih yang halus dan putih. Tempat ini merupakan surganya bagi turis penggemar snorkel dan diving.  Bagi penggemar snorkel yang berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat disini. Berjemur disinar matahari di pantai dengan pasir putih yang halus dan putih. Tempat ini merupakan surganya bagi turis penggemar snorkel dan diving. 
 Bagi penggemar snorkel yang berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat disini. Berjemur disinar matahari di pantai ini bisa dilakukan disiang hari. 

Beberapa fasilitas yaitu penginapan/cottage/bungalow, tempat ibadah, toilet, tempat persewaan alat snorkeling dan diving (dive shop), dan toko souvenir. Untuk makanan dan minuman bisa dibilang cukup lezat, namun kebanyakan dari tempat yang ada, untuk minuman ber-alkohol tidak diperbolehkan, mengingat Banda Aceh sedang menerapkan Hukum Syari'at Islam.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi acuhan destinasi wisata yang layak anda coba. 

0 Response to "Lepas Penyu Laut di Pantai Lampuuk Banda Aceh"

Post a Comment