Memukaunya Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Memukaunya Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara


Air Terjun Aek Sijornih salah satu destinasi wisata dari Sumatera Utara yang bisa anda kunjungi. Disini anda bisa mandi sekaligus bermain air sepuasnya. 

Lokasi
Air Terjun Aek Sijornih ini terletak di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Propinsi Sumatera Utara. Untuk dapat menuju area wisata air terjun ini kita memerlukan perjalanan yang berjarak sekitar + 35 km arah timur dari Padang Sidempuan. Dapat dicapai dengan kendaraan umum antara lain becak, motor, angkot, bis mini dan bis lintasan timur sumatera selama kurang lebih satu jam dari Kota Padangsidempuan. 
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Padang Sidempuan naik angkutan umum bernomor 02 sampai di Terminal Pal IV dengan ongkos sekitar Rp 3.000.  Kemudian berganti angkot Anatra dengan ongkos Rp 10.000 atau angkot Aek Manis (L300) dengan ongkos sekitar Rp 5.000.


Air Terjun Aek Sijornih
Tiket dan Parkir
Untuk dapat menikmati wisata air terjun ini anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. harga tiket masuk hanya Rp 10.000 / orang dan biaya untuk parkir kendaraan hanya Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua.

Air terjun ini merupakan air terjun berundak yang mempunyai ketinggian sekitar 10 meter. Nama Aek Sijornih mempunyai arti Air Jernih. Air jernih yang dimaksud adalah  air yang sangat jernih walaupun musim kemarau ataupun musim penghujan dan sumber kedua air yang berada di air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi. Dua buah air terjun mini ini, keberadaannya saling berdekatan. 
Ada sebuah jembatan gantung kayu dengan panjang sekitar 25 m yang lintasannya hanya berkisar setengah meter, melintang membelah Batang Angkola (Sungai Angkola).  Jembatan gantung ini merupakan jalan masuk menuju air terjun aek sijornih ini.

Tempat wisata ini telah dikelola dengan baik oleh pemerintah dan warga setempat, karena tempat ini sudah direnovasi untuk kenyamanan pengunjung tetapi tetap menjaga kelestarianya. Didalam area terdapat 2 air terjun, air terjun yang disebelah kiri dibiarkan terjun dan mengaliri parit-parit kecil yang bersih dan jernih airnya. Dan air terjun yang sebelah kanan mengalir dan berakhir disebuah kolam yang memang untuk menampung air sebagai tempat berenang pengunjung.


Kolam permandian disini pun terbagi menjadi dua bagian, satu untuk kolam berenang anak-anak dengan kedalaman kurang dari satu meter. Dan kolam yang kedua untuk berenang orang dewasa dengan kedalaman lebih dari satu meter. Selain berenang, pengunjung juga bisa bersantai bersama keluarga dibawah rindangnya pepohonan kelapa yang banyak tumbuh di area air terjun ini.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas di tempat wisata ini tergolong sudah lengkap, berbagai fasilitas umum disini sudah dengan mudah dapat anda temui. Di area air terjun juga dapat ditemukan saung-saung tempat makanan dengan khas jajanan yang ada disana.Air Terjun Aek Sijornih terdiri dari dua buah air terjun mini yang berundak-undak.  ini. Sambil menikmati suasana, pengunjung juga bisa berbelanja beberapa macam souvenir khas oleh - oleh di kios - kios di sepanjang jalan.

Berbeda dengan air terjun yang umumnya tinggi ramping dan tegak lurus, kedua air terjun ini berada pada medan slop/miring pada tanah dengan kandungan kapur. Air yang ditumpahkan pun melebar ke sisi kiri dan kanan, bertingkat-tingkat.  Aek Sijornih berarti air yang jernih.  Di musim hujan atau kemarau, air terjun ini  senantiasa selalu jernih. Bagi anda yang hobi berfoto dan tengah mencari objek untuk foto / memotret, anda bisa berkunjung ke air terjun ini. Terdapat banyak sekali objek menawan yang bisa anda gunakan / dijadikan objek karya fotografi anda. Seperti, keramaian, keindahan dan lain - lain. Menariknya lagi ketika anda sudah singgah ditempat ini anda akan merasakan pikiran yang membuat anda tak henti mengingat indahnya objek wisata air terjun ini.

Ada banyak pilihan tempat wisata untuk mengisi hari libur atau hanya sekedar menghilangkan penak dan menghilangkan lelah saat bekerja. Ada banyak saung untuk beristirahat dipinggir. Juga sangat banyak pedagang makanan ringan yang ada disekeliling khususnya pada saat musim liburan serta ditemani dengan air kelapa muda yang segar.Terdapat deretan warung dengan menu beragam. Pecinta kopi juga dapat menikmati kopi di warung-warung di air terjun ini. Juga ada kelapa muda, mie rebus dan makanan lainnya. Bangunan pondok yang ada di warung penjajal makanan ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat, menyantap makanan, dan merebahkan tubuh. Tiupan angin yang sejuk menambah kenikmatan saat berteduh. Banyak keindahan dan kenikmatan yang bisa kita dapat ketika singgah di air terjun Aek Sijornih ini.

Air terjun ini memiliki ketinggian sektar 10 m dan dikelilingi pohon-pohon kelapa disekitarnya bahkan ada yang tumbuh di tengah air terjun.Pada aliran air terjun pertama (sebelah kiri) dibiarkan mengalir dalam bentuk parit-parit kecil. Sedangkan yang berada di sebelah kanan (aliran yang lebih besar) ditampung dalam kolam-kolam buatan untuk pemandian. Kolam-kolam tersebut terbagi dua. Ada yang besar, ada yang kecil. Yang kecil dibuat dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak, sedangkan yang besar dengan kedalaman lebih dari satu meter untuk orang dewasa. Dari kolam dewasa, pengunjung dapat naik ke atas menelusuri aliran sungai dan dapat memilih tempat yang nyaman. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi. Konon, pada musim hujan, sumber air yang mengandung kapur di perbukitan itu tidak pernah keruh. Sedang  pada musim kering, curah air justru semakin meningkat.

Kekayaan alam dan tempat wisata yang ada di Propinsi Sumatera Utara memang tidak ada habisnya untuk dibahas termasuk Wisata air terjun aek sijornih ini. Yang sangatlah sayang untuk dilewatkan apabila anda sedang berwisata di provinsi ini.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi acuhan destinasi wisata yang layak anda coba. 

0 Response to "Memukaunya Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara"

Post a Comment