Mendaki gunung Burni Telong

Mendaki gunung Burni Telong


Gunung buni telong adalah salah satu destinasi wisata di provinsi nanggro aceh darussalam. Di gunung ini terdapat keindahan dan keunikan yang tidak kita temukan ditempat lain yakni bunga edelwies, bunga ini termasuk andalan yang ada diseitar gunung ini. Selain itu disini memanglah tempat yang memudahkan kita mendapatkan bunga edelwies secara langsung di padang Edelwies, padang ini memiliki ketinggian 2.200 Mdpl disini kita akan dengan mudah menemui tunas-tunas tumbuhan Edelwies di sekitar jalur summit. 
Gunung Burni Telong merupakan gunung tertinggi ke- 10 di Provinsi Aceh. Ketinggian Gunung Burni Telong mencapai 2.670 Mdpl . Jarak antara kaki gunung dari Simpang Tiga Redelong kurang lebih sekitar 16 kilometer yang bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 30 menit.

Tiket masuk 
Pos pendakian Gunung Burni Telong yang dikelola oleh masyarakat setempat. Bagi para pendaki diwajibkan untuk memberikan identitas, serta membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 untuk setiap orang. Dari pos ini jarak ke kaki gunung hanya sekitar 3 kilometer saja.

Lokasi gunung burni telong
Gunung ini berada diBurni telong, Wih pesam, Kabupaten bener meriah, Provinsi nanggro aceh darussalam.

Rute
Untuk yang datang dari Kota Banda Aceh, perjalanan ke Kabupaten Bener Meriah memakan waktu sekitar 7-8 jam dan jaraknya 318 km. Sedangkan untuk rute, yang terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Banda Aceh dan Jalan Raya Bireuen - Takengon.
Mendaki gunung burni telong 
Gunung Burni Telong merupakan gunung tertinggi ke- 10 di Provinsi Aceh. Ketinggian Gunung Burni Telong mencapai 2.670 Mdpl . Jarak antara kaki gunung dari Simpang Tiga Redelong kurang lebih sekitar 16 kilometer yang bisa ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 30 menit. Diawal pendakian nanti, pengunjung akan melihat keindahan dari pemandangan gunung burni telong ini berupa perkebunan kopi, serta perkebunan sayur milik warga. Jika anda telah memutuskan mendaki ditempat ini anda harus melalui jalan terjal dengan melewati daerah perkebunan. Setelah itu, pendakian dilanjutkan dengan hutan belantara yang dipenuhi dengan pohon pinus disekitarnya.

Kurang lebih selama 6 jam pendakian menyusuri hutan belantara, wisatawan akan tiba di tempat dimana Bunga Edelweis tumbuh subur. Di titik ini, ketinggian mencapai 2.000 meter diatas permukaan laut sehingga hawa dingin mulai menusuk tulang. Hamparan bunga abadi ini seolah menghilangkan rasa lelah para pendaki usai melewati rimbunnya hutan Gunung Burni Telong. 


Bunga edelwies
Digunung ini anda akan menjumpai bunga - bunga yang indah dan langka di padang bunga edelwies yang ada di gunung burni telong ini. 
 
Fasilitas - fasilitas 
Ketika anda berkunjung ketempat ini, tempat ini telah menyediakan fasilitas - fasilitas diantaranya parkir yang cukup luas, mushola untuk beribadah serta toilet umum di kaki gunung tersebut. 

Tips - tips sebelum mendaki
Anda harus dalam kondisi badan yang sehat dan fit
Bawa bekal yang cukup
Bawa jaket tebal
Bawa minuman yang banyak
Topi dan baju penghangat
Sepatu dengan sol yang tebal

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda,  baik yang akan berkunjung disini  dan sedang mencari destinasi liburan untuk dikunjungi.






0 Response to "Mendaki gunung Burni Telong"

Post a Comment