MENDAKI GUNUNG SEULAWAH AGAM

MENDAKI GUNUNG SEULAWAH AGAM


Liburan dan Mendaki Gunung Seulawah Agam - Gunung seulawah agam cocok bagi anda yang sedang mencari destinasi wisata untuk mendaki. Gunung seulawah agam ini bisa menjadi tujuan anda. Gunung ini memiliki 2 tingkat kemiringan yakni dari 50 derajat kemiringan dan 700 derajat kemiringan. Untuk menempuh kemiringan 700 derajat anda akan membutuhkan waktu sekitar 500 menit untuk sampai ketempat tujuan anda. Di gunung seulawah agam ini terdapat tugu bertuliskan "P.137 Gunung seulawah agam" yang menandakan kita telah mencapai puncak gunung seulawah agam ini. Puncak gunung seulawah agam ini adalah 1.800 meter di atas permukaan laut(mdpl). Jika anda ingin mencapai puncaknya anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 9 jam perjalanan.


Kondisi gunung seulawah agam
Suhu di gunung seulawah agam
Suhu minimum di wilayah gunung seulawah agam ini adalah berkisar dari 19 derajat celcius dan maksimal 25 derajat celcius.

Hutan
Gunung seulawah agam ini masih asri dan terjaga lingkungannya. Kondisi udara ketika anda akan memasuki kawasan gunung dan sesampainya dihutan hanya angin sejuk dan segar yang akan anda rasakan. Di kawasan ini kondisi curah hujannya tinggi dan subur.

Flora dan fauna
Dikawasan hutan banyak didapati bermacam - macam jenis flora dan fauna. Banyak satwa yang masih hidup dihutan ini. Satwa - satwa itu diantaranya gajah, rusa, ular, harimau, beruang, kancil, babi hutan, tenggiling, landak dan aneka macam ular serta burung.


Tempat - tempat populer
7 pohon beringin usia ratusan
Didaerah beringin tujuh dikawasan hutan, ada tujuh pohon beringin dengan usia ratusan yang akan anda dapati ketika akan menuju kepuncak.

Daerah batu gajah
Ketika anda sudah dekat dengan puncak gunung seulawah agam ini, sebelumnya anda akan melewati daerah batu gajah. Disebut dengan daerah batu gajah karena didaerah ini terdapat pohon yang dibalut dengan lumut dan bentuk pohon ini berbentuk seperti belalai gajah.


Lokasi gunung seulawah agam
Gunung seulawah agam ini berada di kecamatan seulimeum, kabupaten Aceh besar, provinsi Aceh.

Nama - nama lain dari gunung ini
Gunung solawa agam
Gunung solawaik agam
Gunung selawadjanten
Goldberd

Fasilitas - fasilitas
Anda tidak perlu khawatir akan fasilitas yang ada ditempat ini. Karena telah disediakan lengkap untuk anda dan pengunjung meskipun terbilang masih sederhana. Anda dan pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas di perkampungan warga yang terletak di kawasan gunung ini. Anda bisa menggunakan tempat parkir, mushola, dan juga kamar mandi warga yang telah disiapkan untuk pengunjung tempat ini.

Kuliner
Untuk anda yang berkunjung kesini tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal untuk dimakan. Karena disekitar kawasan gunung ini telah banyak orang yang membuka warung - warung makan. Anda bisa membeli berbagai macam - macam makanana dan minuman ditempat ini. Ada pula masyarakat yang menjual makanan atau jajanan khas dari warga sekitar yaitu jajanan yang berasal dari ubi. Rasanya enak dan sangat ringan untuk isi kantong anda.

Rute
Perkampungan saree, kota Banda Aceh
Perkampungan saree adalah tempat pertama sebelum masuk kawasan gunung seulawah agam. Tempat ini adalah posisi dimana para pendaki berkumpul sebelum mendaki ke gunung seulawah agam ini.

Sungai
Terdapat sungai dikawasan ini, airnya bening dan jernih. Terkadang ada pendaki yang langsung meminum air disungai ini.

Jembatan
Setelah itu anda akan mendapati sebuah jembatan kayu yang sudah dipenuhi lumut. Berhati - hati lah karena jembatan ini sudah licin.

Lalui jalur pintu rimba
Jalur ini adalah perbatasan antara pemukiman warga dan hutan gunung seulawah agam. Jalurnya dipenuhi dengan pepohanan lurus dan besar. Tanah ini dilokasi jalur pintu rimba ini berlumut dan basah. Untuk melalui jalur pintu rimba ini anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam lamanya.

Pintu angin
Pintu angin adalah bagian dari wilayah yang selanjutnya harus anda lewati. Disini anda akan dibuat terpesona dengan kekayaan alam yang mempesona ditempat ini. anda akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan hutan hijau dan barisan pohon bertajuk unik.


Sampai dikemiringan 70 derajat
Jika anda telah memasuki kawasan kemiringan 70 derajat ini. Berarti menandakan anda telah memasuki kawasan beringin tujuh.

Kawasan beringin tujuh
Didaerah beringin tujuh dikawasan hutan, ada tujuh pohon beringin dengan usia ratusan yang akan anda dapati ketika akan menuju kepuncak.

Tips - tips bagi anda yang akan mendaki
Datanglah disaat masih pagi, jam 7 atau 8 pagi.
Bawa beberapa kresek atau wadah plastik untuk menyimpan sampah makanan atau apapun nantinya.
Stamina tubuh anda harus dalam kondisi yang benar - benar fit
Siapkan bekal yang banyak sebelum mendaki
Siapkan air minum yang banyak untuk perjalanan
Pakai sepatu yang cocok untuk mendaki
Pilih sol sepatu yang tebal dan kuat
Bawa mantel hujan
Pakai topi agar terlindung dari panas
Bawa jaket yang tebal
Bawa baju hangat
Bawa obat - obatan secukupnya untuk jaga - jaga
Bawa pakaian untuk ganti

Jagalah kebersihan dihutan maupun di area gunung. Gunakan wadah plastik atau kresek yang telah anda  bawah untuk menyimpan semua sampah plastik dan non organik sewaktu perjalanan anda menuju puncak. Dengan begitu anda telah membantu menjaga ekosistem dari hutan dan gunung seulawah agam ini. Agar anda tidak kelamaan dan tidak kemalaman berada dihutan anda harus berangkat pagi. Karena butuh banyak waktu untuk mendaki gunung ini supaya bisa sampai kepuncaknya. Tanah hutan di tempat basah dan udaranya sejuk serta menyegarkan. Di dalam hutan seulawah agam ini banyak sekali pohon berjajar bahkan puluhan. Pohon disini besar - besar dan disini termasuk tempat dengan tanah yang subur. Untuk anda yang hobi berfoto anda bisa siapkan kamera khusus untuk mengabadikan moment - moment anda ditempat ini. Tidak harus juga kamera anda juga bisa gunakan hp anda yang memiliki kamera untuk mengabadikan moment  - moment anda. Cari makanpun juga mudah ditempat ini. Untuk anda yang belum memasuki kawasan hutan seulawah agam ini.

Semoga artikel mengenai gunung seulawah agam dari provinsi nanggro aceh darussalam ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari destinasi wisata gunung untuk didaki. Selamat mencoba dan bersenang - senang.




0 Response to "MENDAKI GUNUNG SEULAWAH AGAM"

Post a Comment