Wisata kota Bukittinggi Sumatera Barat

Wisata kota Bukittinggi Sumatera Barat

Kota Bukittinggi memiliki objek wisata yang menarik untuk anda kunjungi. Kota ini diberi nama bukittinggi karena kota ini berada pada ketinggian. Ketinggian itu mencapai sekitar 909 - 941 meter diatas permukaan laut. Kota ini sangat nyaman bagi anda yang ingin merefresh pikiran, mencari objek foto, berwisata dan lain sebagainya. Kota ini memiliki hawa cukup sejuk dengan suhu berkisar antara 16,1 - 24,9 derajat celcius. Kota ini memiliki dataran tinggi yang dikelilingi dengan kontur alam yang berbukit - bukit. Kondisi alam disekeliling kota ini menjadi anugerah tersendiri bagi kota ini. Udara dikota ini sejuk ditambah dengan lahan yang subur serta panorama alam yang sangat indah dihampir seluruh kawasan kota ini. 
Wisata kota Bukittinggi Sumatera Barat
Objek wisata
Anda bisa berkunjung ke Ikon dari kota Bukittinggi ini, yaitu Jam Gadang, jam gadang ini berukuran 13,4 meter ini berdiri diatas kawasan taman taman sabai  nan akuih tepat di depan istana bung hatta .  Dikawasan sekitar jam gadang ini ditanam sejumlah pohon sehingga makin terasa rindang di sekitarnya. Jika anda berkunjung ketempat ini daerah ini telah dilengkapi dengan kursi - kursi beton yang bisa untuk bersantai. Taman jam gadang ini selalu ramai, dari pagi - siang - sore - hingga pada malam hari. Banyak pengunjung memanfaatkan tempat ini untuk bersantai dengan anggota keluarga mereka.

Selain itu anda juga bisa berkunjung ke Benteng Fort de Kock yang berada satu kawasan dengan jam gadang diterusan jalan tuanku nan renceh.. Benteng fort de kock ini adalah sebuah benteng peninggalan jaman bangsa Belanda yang berdiri di kota bukittinggi ini. Kawasan ini hanya terletak kurang lebih 1 km dari pusat kota Bukittinggi. Menurut sejarahnya Bangunan benteng fort de kock ini didirikan oleh kapten bouer di tahun 1852. Dulu benteng ini adalah tempat yang digunakan untuk tentara belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau terutama sejak meletusnya Perang Paderi 1821 - 1837. 



Disekitar kawasan benteng anda juga dapat jumpai sebuah jembatan limpapeh yang terbuat dari baja yang menghubungkan benteng ini dengan Taman margasatwa dan budaya kinantan. Dari jembatan ini kita dapat melihat pemandangan indah Kota Bukittingggi yang dikelillingi oleh perbukitan dan gunung merapi. Jembatan ini berwarna kuning dan merah. Saat kita mencoba untuk menyeberang jembatang ini akan terasa getaran dan goyangan  yang memancing adrenalin. 

Lobang jepang juga berada di Kota Bukittinggi. Lobang ini memiliki panjang kurang lebih 1.470 meter dan berjarak 40 meter dibawah Ngaeai Sianok. Terdapat 21 Terowongan di dalam lobang ini, yang dulunya digunakan untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal, rang pertemuan, ruang tahanan, rang makan , dapur , ruang penyiksaan , ruang mata - mata, ruang penyergapan, dan pintu gerbang. Lobang ini merupakan peninggalan dari zaman jepang yang dahulu dibangun oleh orang Indonesia melalui kerja paksa di bawah tekanan tentara Jepang pada saat itu yang berhasil menduudki Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945.

Selanjutnya, ada wisata yang mengesankan lagi di Bukittinggi yakni janjang Saribu. Janjang Saribu adalah tembok besar Cina versi Bukittinggi. Janjang Saribu berarti tangga seribu yang panjang dari anak tangganya membentang ke kawasan bawah Ngarai Sianok. 

Yang terkenal Ngarai Sianok masih dikawasan kota Bukittinggi, sebuah lembah sempit yang dikelilingi bukit - bukit bertebing curam dan dengan aliran sungai kecil ditengahnya. Lembah ini membentang sejauh 15 km dari sisi selatan Nagari Kota Gadang hingga Nagari Sianok Enam suku. Dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter dan lebar celah sekitar 200 meter. Patahan di Sianok ini merupakan bagian Patahan Semangko yang membelah Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang dari Aceh hingga Teluk Semangka di Lampung. Potongan Semangko adalah Lokasi dari pegunungan bukit barisan. Ngarai Sianok wujud dari aktivitas pergerakan lempeng bumi di Pulau Sumatera yang terbentuk karena proses turunnya sebagian lempengan bumi, sehingga menimbulkan patahan berwujud jurang yang curam.

Dari Ngarai Sianok anda masih dapat menikmati keindahan panorama Ngarai sianok yang menghijau dari kejauhan di sebuah tempat bernama Taman Panorama. Ditaman ini pengunjung dapat bersantai sejenak sambil mengagumi dan mengabadikan pemandangan indah lembah ini. Sambil menikmati suasana, pengunjung juga bisa berbelanja beberapa macam souvenir khas kota Bukittinggi di kios - kios di sepanjang jalan setapak taman ini.

Bagi anda yang hobi berfoto dan tengah mencari objek untuk foto / memotret, anda bisa berkunjung ke Kota Bukittinggi ini. Terdapat banyak sekali objek menawan yang bisa anda gunakan / dijadikan objek karya fotografi anda. Seperti, keramaian, keindahan dan lain - lain. Menariknya lagi ketika anda sudah singgah ditempat ini anda akan merasakan pikiran yang membuat anda tak henti mengingat indahnya objek wisata air terjun ini.
Ada banyak pilihan tempat wisata untuk mengisi hari libur atau hanya sekedar menghilangkan penak dan menghilangkan lelah saat bekerja. Ada banyak saung untuk beristirahat dipinggir. Juga sangat banyak pedagang makanan ringan yang ada disekeliling khususnya pada saat musim liburan serta ditemani dengan air kelapa muda yang segar.Terdapat deretan warung dengan menu beragam. Pecinta kopi juga dapat menikmati kopi di warung-warung di air terjun ini. Juga ada kelapa muda, mie rebus dan makanan lainnya. Bangunan pondok yang ada di warung penjajal makanan ini bisa Anda gunakan untuk beristirahat, menyantap makanan, dan merebahkan tubuh. Tiupan angin yang sejuk menambah kenikmatan saat berteduh. Banyak keindahan dan kenikmatan yang bisa kita dapat ketika singgah di tempat wisata kota ini.

Kekayaan alam dan tempat wisata yang ada dikota ini. Memang tidak ada habisnya untuk dibahas termasuk Wisata dari Kota Bukittinggi ini. Yang sangatlah sayang untuk dilewatkan apabila anda sedang berwisata di provinsi ini.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi acuhan destinasi wisata yang layak anda coba. 




0 Response to "Wisata kota Bukittinggi Sumatera Barat"

Post a Comment