Eksotisme Wisata Alam Green Bay (Teluk Hijau) Banyuwangi Jawa Timur

Eksotisme Wisata Alam Green Bay (Teluk Hijau) Banyuwangi Jawa Timur

Keistimewaan Teluk Hijau, Pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut berwarna hijau ini tersembunyi dibalik bukit. Di ujung pantai sebelah barat terdapat air terjun, menambah eksotis Teluk Hijau. Aktifitas wisata yang dapat dilakukan antara lain: Berjemur, Bakar Ikan, Fotografi dan Pengamtan Burung.

Banyuwangi sering dikenal dengan pelabuhan ketapangnya yang salah satu akses untuk menuju bali dengan menuju jalur darat, dan pada saat hari libur pelabuhan ketapang sangat ramai, Bahkan disekitar pelabuhan  pun dijadikantempa wisata, dan terutama saat malam hari  sambil menikmati lampu - lampu yang bersinar disekitar pelabuhan.Banyuwangi juga tidak hanya memiliki pantau yang indah, namun juga memiliki Teluk Hijau atau biasa disebut juga Green Bay, Sesuai dengan sebutan namanya, Teluk yang berwarna Hijau akan dilihat dari jauh akan terlihat warnanya bahwa Teluk ini berwana hijau yang biasanya laut berwarna biru, Teluk ini berwarna hijau karena di dasar perairan dangkalnya terdapat alga yang berjejer dan memantul warna hijau dipermukaan airnya dan pantai ini memiliki pasir putih dengan tekstur yang lembut.

Eksotisme Wisata Alam Green Bay (Teluk Hijau) Banyuwangi Jawa Timur

Teluk Hijau terletak di Kabupaten Banyuwangi, bagian selatan pesanggrahan, Desa Sarongan, dan wilayah ini termasuk wilayah Nasional Meru Betiri. Sebelum anda sampai ke pantai Teluk Hijau, anda akan menjumpai sebuah pantai yang indah, namun dimana pantai ini tidak memiliki pasir layak halnya seperti pantai pada umumnya, yaitu Pantai Batu, pamtai yang dipenuhi dengan bebatuan di sepankang bibir pantai, dan munculnya bebatuan itu disebabkan karena pasca ada nya Tsunami di tahun 1994. Dari pantai bebatuan anda cukup berjalan kaki menuju Pantai Teluk Hijau.
Asal mula nama pantai teluk hijau

Oh iya teman di Pantai Teluk Hijau ini relatif aman untuk dijadikan tempat berenang, karena memang ombaknya tidak terlalu besar, namun kalian harus tetap waspada. Lebih menariknyalagi tepat di pesisir pantai terdapat Batu besar yang menjorong ke laut. dan ternyata ada sebagian yang bilang kalau terbentuknya batu tersebut ada sejarahnya. 

Beberapa dari warga menyebutkan bahwa asal mula bebatuan besar tersebut hadir setelah pantai Batu ini sempat diterjang ombak besar sekitar tahun 1994 silam. Awalnya pantai ini sama seperti pantai di Teluk Hijau lainnya yang memiliki pasir putih yang lembut. Namun setelah di terjang ombak yang cukup dahsyat itu, pasir di Pantai Batu ini secara alami tertutupi bebatuan yagn menambah keunikan Pantai batu hingga saat ini pantai ini dinamakan dengan Pantai Batu. 

Jarak antara pantai batu dan pantai Teluk Hijau tidak terlalu Jauh, hanya sekitar 300 meter saja. Hanya saja keberadaan Teluk Hijau terdapat karang yagn tinggi seingga menyulitkan aksesnya jika dilalui dengan menyusuri pantai. Akses yang biasanya dijadikan lorong menuju Pantai Teluk Hijau adalah hutan kecil di ujung jalan setapak Pantai Batu. 

Jalan setapak tersebut memang salah satu akses jalan yagn kerap digunakan warga untuk menuju ke Pantai Teluk Hijau dari Pantai Batu Pengalaman menuju Pantai Teluk Hijau tidak akan kalian lupakan, apalagi jika ditempuh dengan orang-orang tersayang, seperti keluarga, sahabat ataupun teman seperjuangan. Selama perjalananmenuju Pantai Teluk Hijau, kalian akan disuguhi dengan berbagai pemandangan yang indah dan melewati beberapa aliran sungai yang alami. Deburan ombak selalu terdengar dari kejauhan saat melewati hutan kecil. Suaranya membuat kalian ingin segera tiba di Teluk Hijau Banyuwangi ini kawan.

Salah satu yang menarik dari pantai ini adalah terdapat air terjun alami yang cukup menawan. Keberadaan air terjun alami di Pantai Teluk Hijau ini yang membuat Pantai ini semakin istimewa tidak hanya karena keindahan pantainya tetapi juga air terjun alami yang ada disana. Lokasi air terjun tidak terlalu jauh dari Pantai Teluk HIjau, hanya sekitar 21 meter saja. Menikmati keindahan air terjun paling pas memang saat musim hujan, karen sudah pasti debit airnya akan lebih deras. 

Tips Berwisata ke Teluk Hijau Banyuwangi
  1. Jika anda dari arah kota banyuwangi ikuti saja petunjuk jalan menuju Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Sampai saat ini belum ada transportasi umum langsung dari Banyuwangi menuju Teluk Hijau. Namun kalian bisa menyewa Land Rover atau kendaraan jenis Trooper menuju Rajegwesi.
  2. Jika menggunakan kendaraan sendiri, disarankan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan yang lebih tinggi asal bukan sedang. Karena medan yang ditempuh adalah jalan dari perkebunan PTPN XII akan berubah menjadi medan jalan off-road.
  3. Saat di POs Rajegwesi kalian harus membayar retribusi sebesar Rp. 7.500/orang
  4. Untuk parkir motor Rp.5000, kendaraan roda empat Rp.10.000 dan kendaraan roda enam Rp.50.000
  5. Dari pemukiman penduduk Rajegwesi perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju Teluk Hijau. Meksipun juga tersedia ojek motor atau melalui jalur laut dengan menyewa perahu.
  6. Perjalanan trekking memang tidak mudah sob, karena medan jalan akan melewati tebing dan lembah yagn dijamin membuat kalian akan berkeringan. Namun pastikan kalian menggunakan alas kaki yang nyaman karena kalian juga akan melewati beberapa muara sungai.
  7. Sewa Perahu dari Rajegwesi biayanya sekitar Rp. 25.000 (sekali Jalan) dan Rp.35.000 per-orang. Lama perjalanan hanya sekitar 15 menit saja. Bagi yang membawa balita dan orang tua disarnakan menggunakan perahu karena jalan darat benar-benar akan menguras tenaga danmembutuhkan stamina yang cukup untuk sampai ke Teluk Hijau. 
  8. Jalur darat dari Rajegwesi ke Teluk Hijau relatif menurun dengan berbagai medan jalan. Sedangkan sebaliknya cukup menantang karena jalur menanjak. Jika inginmenghemat tenaga, disrankan ketika berangkat melalui jalur darat dan saat pulang bisa menggunakan jalur laut. 
  9. SEbaiknya kalian membawa bekal makanan danminuman sendiri. Namun perlu diingat, sampahnya tolong dibawa kembali ya jangan sampai kita membuang sampah sembarangan, karena akan merusak pemandangan pantai. 
  10. SEbaiknya juga kita membawa kotak P3K atau obat-obatan pribadi, karena lokasi pantai Teluk Hijau ini cukup jauh dari pemukiman warga juga dari rumah sakit. 

0 Response to "Eksotisme Wisata Alam Green Bay (Teluk Hijau) Banyuwangi Jawa Timur"

Post a Comment