Wisata Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember Surga Flora dan Fauna


Liburan dan Wisata Taman Nasional Meru Betiri Jember Surga Flora dan Fauna - Halo dulur? Info wisata yang akan jtour bagikan kali ini terletak di Daerah selatan kota jember dan berada di pantai selatan Jawa Timur. TAman Nasional Meru Betiri (TNMB) mempunyai luas wilayang kurang lebih sekitar 580 Km2, secara adminsitratif Taman nasional ini masuk dalam dua kabupaten yaitu Jember dan Banyuwang. Naman tempat tersebut diambil dari gunung tertinggi yang terdapat dalam wilayah tersebut yaitu Gunung Meru dengan ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut (mdpl) Dan Gunung Betiri dengan ketinggian 1.223 m. 

Di tempat wisata ini wisatawan dapat menemukan berbagai tanaman langka, seperti bungan Raflesia Zollingeriona, Balanphora Fungosa, bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, dan berberapa jenis tumbuhhan obat-obatan. Selain itu anda dapat menemukan berbagai satwa liar dan eksotis seperti kumbang hitam, kera ekor panjang, ajag, penyu dan lekang. 

Uniknya lagi di Meru Betiru terdapat penyu hijau (Chelonia mydas) yang merupakan penyu langka, Penyu belimbing (dermochely coriacea), penyu lekang, penyu sisik dan masih banyak lagi. 

Tempat Wisata di Taman Nasional Meru Betiri
menawarkan beberapa tempat indah yagn bisa dikunjungi, seperti Pantai Rajegwesi, Pantai Batu, Teluk Hijau dan tentu saja Pantai Sukamade. Selain itu anda juga dapat meliaht Goa peninggalan Jepang. 

Pantai Bandealit
Untuk menuju BAndealit lebih mudah jika anda dari arah wilayah Taman Nasional Meru Betiri. Untuk mencapailokasi wisata ini anda dapat melalui dari rute Jember - Tempurejo /Ambulu-Andongrejo- Bandealit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jember- Tempurejo/Ambulu jarak sekitar 25 Km sekitar 1 jam perjalanan. Selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Andongrejo sejauh 20 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kemudian baru terakhir anda bisa menjutu Bandealit dengan jarak temputh 14 km dan waktu sekitar 1 jam perjalanan. 

Pantai Bandealit dengan latar belakang Hutan Meru Betiri
Goa Jepang 
Selain wisata pantai Anda juga melihat Gob bersejarah peninggalan Jepang. Pada sisi sebuah tebing di barat pantai Bandealit, terdapat sebuah Goa peninggalan perang kemerdekaan. Tentara Jepang membuat bungker yagn juga merupakan tempat pengintaian kearah laut selatan. Tempat tersebut berada di ketiggian 200 m. Didepan goa terdapat tumpukan batu yang merupakan benteng perlindungan tentara Jepang jika ada perlawanan dari musuh yang berlabuh di pantai Bandealit. Perjalanan menuju tempat ini sekitar 2 km dengan berjalan kaki. 

Goa Jepang


Muara Timur
Sebenarnya banyak sekali giatan dan yang bisa kita nikmati di tempat ini, seperti berenang, belajar berselancar angin dan belajar berlayar. 

Di Pantai Bandealit ada banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Salah satu yang terkenal adalah surfing. Selain itu juga ada fasilitas lain seperti BoadyBoard, Genset, Solar cel, Shelter, Kano dan Speedboat. Untuk anda yang khawatir bagaimana parkir kendaraan, ditempat wisata ini juga sudah disediakan faslitas atau Area Parkir khusus untuk pengjung wisata. MCK dan Camping Ground. 

Camping ground di Bandealit

Jika anda enggan bercamping dan tidak ingin repot membawa perlengkapan kamping kalian bisa juga menginat di pondow wisata di temapt ini. Penginapan yang barada di tepi pantai itu dikelola oleh pihak Tanaman Nasional Merubetiri dengan tarif RP. 200.000 per kamar, (harga bisa sewaktu-waktu berubah). 

Lebih penting lagi nih sob, jika kalian berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa untuk membawa makanan, karena pihak pengelola wisma tidak menyediakan makanan dan minuman. Selain itu listrik di tempat tersebut menyala sampai pukul 11 malam, setelah itu gelap gulita. 

Wsata Taman Nasional Meru Betiri ini menjadi tempat wisata yang menarik untuk anda yang suka berpetualang, mengingat tempat wisata ini benar-benar jauh dari keramaian kota dan dari keterangan diatas. Fasilitas penerangan juga masih belum maksimal jika anda memutuskan bermalam di tempat ini. Tapi ini mebenar-benar menarik untuk anda yang suka berpetualang bersama teman, sahabat dan keluarga. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember Surga Flora dan Fauna"

Post a Comment