Daya Tarik Wisata Air Terjun Tanggedu NTT

Nusa Tenggara Timur khususnya Sumba tak hanya di kenal dengan wisata padang rumput atau pantainya. Air terjun merupakan satu keindahan alam  tersembunyi di Sumba yang masih jarang terjamah oleh para wisatawan. Apakah sahabat traveler sudah tau perbedaan Pulau Sumba dengan Pulau Sumba (wa)? Kali ini kita akan membantu mengklarifikasi perbedaan pulau tersebut. karena sebagian orang salah  mengartikan nama dan keberadaan  Pulau Sumba dengan Pulau Sumba (wa). Jadi kita harus benar benar fokus membedakan kedua pulau ini karena lokasinya juga berbeda provinsi. Jika Pulau Sumba (wa) berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat sedangkan Pulau Sumba berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Berbicara tentang wilayah bagian timur Indonesia memang tak pernah ada habisnya, apalagi tentang keindahan alam nya yang sangat mempesona. Terutama bagi Nusa Tenggara Timur yang merupakan salah satu penyokong destinasi wisata cantik yang ada di Indonesia.  Nusa Tenggara Timur ini kembali memperkenalkan sebuah spot wisata baru lagi yang tak kalah menarik dengan wisata wisata yang telah ada sebelumya di provinsi Nusa Tenggara Timur ini yaitu Air terjun Tanggedu yang barada di Sumba Timur.

Air terjun Tanggedu adalah air terjun kebanggaan warga sekitar yang tak boleh anda lewatkan. Air terjun ini terletak di desa Tanggedu, kecamatan Haharu, berjarak 45 km dari pusat kota Wangaipu Sumba Timur. Air terjun ini di juluki sbagai Grand- Canyon nya Sumba Timur atau Twin  Canyon. Karena tebing tebing batu dan aliran air nya yang sangat memukau dan tidak seperti air terjun pada umumnya. Air terjun Tanggedu mengalir dari tebing bebatuan yang rendah. Keindahan wisata   Air terjun Tanggedu ini terletak pada tebing tebing batu yang mengapit aliran air jernih yang berkelok kelok. Relief -  relief tebing yang alami dan unik  di padukan dengan aliran air nya yang jernih berwarna biru kehijau - hijauan akan sangat kece menjadi latar  saat anda mengambil foto dari arah bawah tebing.




Daya Tarik Air terjun Tanggedu

Indonesia dengan segala keindahannya menjadi surga dunia bagi mereka yang gemar bereksplorasi mencoba menemukan berbagai tempat yang indah. Menurut kabar yang beredar pesona Air terjun Tanggedu ini mirip dengan Grand Canyon yang ada di Arizona America serikat. Walau memiliki kemiripan tebing tebing curam yang berada di sisi kanan kiri nya, Air terjun Tanggedu berdiri kokoh di balik tebing - tebing terjal tersebut. Yang menjadi karakteristik tersendiri bagi wisata Air terjun Tanggedu. Terlepas mirip dan tidaknya, keindahan wisata Air terjun Tanggedu tak perlu diragukan lagi. Dengan di kelilingi perbukitan dan pepohonan yang terlihat asri dan air berwarna biru yang menyejukkan mata, akan membuat anda betah berlama lama di sini.   

Air terjun Tanggedu akhir ahir ini menjadi sorotan para wisatawan dikarnakan semakin banyaknya wisatawan yang membagikan moment moment mereka ketika berwisata di Air terjun Tanggedu di berbagai plat form social media. Keindahan air nya yang bersih dan kebiru biruan dan debit air yang cukup deras akan membuat anda tergoda untuk melakukan body rafting atau tubing di sini, dikarenakan air disini tidak terlalu dalam maka cukup apik melakukan aksi seru tersebut. Namun jika anda ingin melakukan cliff jumping disini anda harus bisa pastikan dulu titik kedalaman air sungai atau kolam yang berada persis dibawah air terjun tersebut. kalau tidak terlalu dalam, sebaiknya anda pikir pikir lagi.


Akses menuju air terjun Tanggedu

Keberadaan Air terjun Tanggedu yang mulai diknal oleh wisatawan ini juga dipengaruhi oleh penyebaran informasi yang cepat dari social media. Letaknya yang jauh dari hiruk pikuk kota memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dengan kondisi jalan yang belum cukup baik untuk sampai di Air terjun Tanggedu. Jarak tempuh 45 km dari arah kota  Wangaipu dengan roda dua ataupun roda empat. Terletak di utara kota  Wangaipu desa Tanggedu Sumba Timur, sebelum sampai ke wisata Air terjun Tanggedu ini anda akan melewati  Mondu dan kampung adat Painatang. Perjalanan sepanjang 2,5 km pun berlanjut dengan berjalan kaki dari Mondu dan kampung adat Painatang. Meski berjalan cukup jauh, kelelahan anda akan terbayar dengan keindahan Air terjun Tanggedu ini. Untuk masuk kedalam kawasan wisata Air terjun Tanggedu pengunjung hanya perlu membayar tiket seharga Rp 2000,-per orang. Wisatawan tak perlu khawatir jika nanti lapar dan haus, karena di tempat wisata ini ada deretan warga yang menjual makanan dan minuman di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.

Fasilitas di Air Terjun Tanggedu



Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa akan ada deretan warga yang menjual makanan dan minuman yang akan terlihat di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun. Sebagai informasi tambahan bahwa wisata air Terjun Tanggedu ini masih di kelola oleh masyarakat sekitar. Hal ini terlihat dari fasilitas yang ada disana. Jika hanya sekedar warung makan dan kamar mandi memang telah tersedia. Namun untuk pengunjung yang ingin menghabiskan watu lama di tempat wisata ini. Kita sarankan untuk menginap di luar daerah atau meminta rumah masyarakat untuk dijadikan guesthouse. Keterbatasan fasilitas semoga saja tidak mengurangi minat kalian untuk berwista dan bereksplorasi di wisata  air Terjun Tanggedu. Karena keindahannya yang luar biasa patut mendapat perhatian lebih dan dirawat dengan tepat. Have a nice Trip guys !




Baca juga : Pink Beach Komodo National Park NTT


‘’Keep this place clean during your visit’’

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daya Tarik Wisata Air Terjun Tanggedu NTT"

Post a Comment