Geowisata dan Eco tourism Orchid Forest Cikole Bandung




Halo sahabat traveler, kali ini informasi kita akan membahas destinasi wisata yang ada di kota Bandung. Karena kawasan Lembang Bandung tak henti hentinya memberikan kejutan baru, jika sebelumnya sudah ramai dengan kehadiran Grafika Cikole , The lodge Maribaya ataupun Taman begonia. Belum lama ini telah dibuka destinasi wisata andalan yang hadir d kota Bandung Jawa Barat, Orchid Forest Cikole ini bahkan disebut sebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Coba anda bayangkan, bagaimana jadinya ketika sebuah taman wisata hutan pinus dirubah menjadi tempat rekrasi?
  
Ada banyak hal yang unik dan menarik yang akan anda temukan ketika anda memutuskan untuk berkunjung dan berwisata ke Orchid Forest Cikole di Lembang ini. Kawasan wisata  Orchid Forest Cikole di proyeksi menjadi hutan anggrek terbesar di Indonesia. Lokasinya yang berada di tengah hutan lindung seluas 12 Hektar yang dipenuhi dengan pepohonan pinus. kini sudah terdapat kurang lebih 157 jenis bunga anggrek di Kawasan wisata  Orchid Forest Cikole. Bunga bunga ini tak hanya berasal dari Indonesia, tetapi beberapa ada yang berasal dari Amerika Serikat, Peru dan Venezuela. Dari beberaa koleksi bunga anggrek yang ada di kawaasan wisata ini ada beberapa jenis bunga Anggrek langka seperti anggrek hitam atau coelogy pandurata, anggrek kantong semar atau phapopedilum glauchophyillum dan juga jenis paraphalaenopsis laycocky. Selain melihat jenis jenis anggrek pengunjung juga diperbolehkan mengobati bunga aggrek yang sakit di klinik anggrek  yang masih berada dalam area Kawasan wisata  Orchid Forest Cikole.



Pusat budidaya dan penangkaran bunga aggrek 

Orchid Forest Cikole menjadi Pusat budidaya dan penangkaran bunga aggrek Karena Orchid Forest ini ternyata menjadi pusat pembibitan  dan penangkaran Anggrek di Bandung. Dan hebatnya lagi Orchid Forest ini juga menjadi salah satu tempat wisata edukasi unggulan bertaraf International terutama dalam hal budidaya anggrek. Tempat wisata yang satu ini mengandalkan budidaya anggrek sebagai daya jualnya terhadap wisatawan.  Bunga yang memiliki nama latin Orcchidacae ini memang menjadi salah satu varietas yang banyak dicari karena bunganya yang indah. Daerah Cikole Lembang yang memiliki udara sejuk tentu menjadi tempat yang cocok untuk budidaya anggrek. Menariknya lagi tempat wisata  Orchid Forest Cikole Lembang ini juga memiliki berbagai wahana dan fasilitas permainan outdoor, cafĂ© dan juga spot foto yang instagramable.




Pusat Geowisata dan Ecotourism di Bandung

Kawasan wisata  Orchid Forest Cikole merupakan salah satu tempat wisata di Bandung Barat yang menerapkan konsep ekowisata. Kawasan wisata ini tidak hanya di design dan di fungsikan sebagai tempat wisata namun pengunjung juga akan diajak bagaimana caranya perduli dengan kelestarian flora.
Pengunjung tak perlu khawatir  meskipun menyandang nama forest, anda tidak akan berjalan di atas tanah, karna sudah ada paving block sehingga anda akan merasa nyaman berjalan disini, dan ketika anda lelah telah tersedia mobil golf yang akan mengantarkan. Ekowisata yang baru satu tahun dibuka ini memiliki berbagai fasilitas lengkap pemandangan alam asri, udara sejuk, instalasi sarana yang asthethic, berbagai spot foto serta fasilitas dan sub destinasi yang beragam .

Fasilitas Wisata di  Orchid Forest Cikole Bandung

secara umum fasilitas wisata yang ada di Orchid Forest Cikole terbagi ke dalam 3 kelompok besar yaitu outbound, olahraga dan leisure. Sebagian besar kawasan wisata Orchid Forest Cikole  masih sedang dalam tahap pengembangan dan sebagian sudah di uji coba mulai Agustus 2017 lalu. berikut adalah  daftar fasilitas yang sudah ada dan akan trus dibangun di kawasan wisata Orchid Forest Cikole antara lain :




  1. AREA OUTBOND GATHERING Kegiatan wisata yang populer dan sedang banyak diminati oleh wisatawan saat berlibur di Bandung adalah mengikuti kegiatan outbond. Oleh karna itu jangan kaget jika Bandung memiliki banyak wisata outbond yang dapat anda kunjungi salah satunya ada di  kawasan wisata Orchid Forest Cikole. Di Orchid Forest Cikole ini penglola telah menyiapkan beragam fasilitas wisata untuk melakukan berbagai kegiatan outbound dengan banyak tingkatan usia.  Diantaranya beberaa blok area terbuka dengan hamparan rumput hijau yang lokasinya berada diantara deretan pohon pinus yang rindang untuk melakukan Fun game, Fun team building hingga area untuk menyelenggarakan Company atau Family Gathering hingga Character Building.
  2. Entrance Building Sesuai dengan namanya Entrance Building adalah lokasi yang digunakan pengunjung untuk membeli tiket masuk ke Orchid Forest Cikole dan pengambila voucher dengan design gerbang seperti kelopak bunga anggrek. Tidak hanya itu, saat jam buka awal kawasan wisata ini pengunjung akan disambut dengan atraksi corporate dance yang merupakan sebuah tarian ucapan selamat datang untuk pengunjung yang akan berwisata ke Orchid Forest Cikole Bandung ini.
  3. Coffee corner Pengelola Orchid Forest Cikole bekerja sama dengan salah satu coffee shop di Bandung yaitu Armor kopi yang membuat sebuah tempat wisata kuliner yang akan memanjakan para pecinta kopi yang sedang berwisata. Pojokan ngopi armor ini menjadi tempat yang sangat tepat untuk sejenak melepaskan lelah atau bristirahat dengan udara yang segar dan panorama alam yang indah setelah menikmati berbagai fasilitas Orchid Forest Cikole.
  4. Food court disini telah disiapkan beragam tempat yang menjual aneka makanan kuliner baik dari dalam dan manca ngara dengan harga yang terjangkau.
  5. Tea House Corner wisatawan dapat menikmati aneka minuman teh  khas Bandung
  6. Taman Baca Anak fasilitas yang akan mengukuhkan bahwa Orchid Forest Cikole adalah salah satu tempat wisata anak di Bandung
  7. Taman Kelinci fasilitas wisata dimana ngunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan menggemaskan ini.
  8. Pusat Jualan Anggrek Disini wisatawan juga dapat membeli berbagai jenis tanaman anggrek
  9. Orchid clinic atau green house  merupakan tempat favorite wisatawan yang pernah berkunjung ke kawasan wisata Orchid Forest Cikole.
  10.  Air soft gun activity dan panahan cocok buat wisatawan pecinta game  
  11.  Camping Ground  merupakan salah satu tempat camping terbaik di Bandung
  12.  Picnic area cocok untuk area picnic keluarga
  13. penangkaran rusa Orchid Forest Cikole memiliki penangkaran rusa yang dapat dinikmati oleh semua ngunjung.
  14. spot photography berbagai macam spot instagramable tersedia disini
  15.  downhill track spot yang sangat cocok untuk wisatawan yang suka bersepedah gunung
  16.  highrope suka ketinggian? Silahkan uji nyali dan keberanian anda di highrope Orchid Forest Cikole.
  17.  Papan turun tebing bagi para pecinta panjat tebing, mungkin bisa mencoba sensasi Papan turun tebing.
  18.  Sky bridge inilah jembatan yang tergantung diantara pohon pinus sepanjang 50 meter. Yang bisa anda lewati dengan tiket R 15.000 per orang.

Masih banyak lagi spot menarik yang ada di kawasan  Orchid Forest Cikole. Semakin tertarik untuk berwisata ke sini? Silahkan anda baca informasi selanjutnya di bawah ini.

RUTE  dan Tiket masuk Orchid Forest Cikole

Untuk akses lokasi tempat wisata Orchid Forest Cikole sangatlah mudah di Jl. Tangkuban perahu KM 8, cikole Lembang kabupaten Bandung. Lokasi wisatanya sangat dekat dengan terminal wisata grafika cikole ataupun wisata tangkuban perahu. Lokasinya sebelum pemandian air panas ciater, ciater highland resort serta Sari ater hotel & resort. Jika kita berangkat dari titik start dari arah Bandung kota, maka kita mengambil tujuan kearah Gunung tangkuban perahu. Selama perjalanan menuju gunung tangkuban perahu silahkan anda perhatikan pintu gerbang Orchid Forest Cikole yang berada di pinggir jalan.





Begitu memasuki kawasan wisata Orchid Forest Cikole kita akan diminta untuk membayar tiket masuk dan biaya parkir dengan rincian sebagai berikut :
  • Tiket masuk : Rp 30.000 per orang
  •  Karcis parkir mobil : Rp 5000 per mobil
  •  Karcis parkir sepedah motor : Rp 2000 per motor
  • Jam buka Orchid Forest Cikole 09.00 -18.00 weekday dan 08.00 – 18.00 weekend
  •  Tiket wood bridge : Rp 15.000 (free flying fox)
  • Tiket high rope : Rp 35.000 (free wood bridge)
  • Tiket Rabbit forest (memberi makan kelinci ) : Rp 10.000
  • Orchid forest menyediakan paket outbond minimal untuk 25 orang (pax) sudah termasuk tiket fun game , team gams, sound system, jas hujan, asuransi, konsumsi, coffee break dan game master. Dengan rincian sbagai berikut

1.  Paket 1 IDR Rp 155.000 (durasi 3 jam)
2. Paket 2 IDR Rp 160.000 (durasi 4 jam)
3. Paket 3 IDR Rp 165.000 (durasi 5 jam)
  •  Orchid forest menyediakan paket gathering yang sudah termasuk tiket makan siang, sound system, coffee break,  dengan kisaran harga  Rp 68.000 hingga Rp 118.000.
  • Orchid forest juga menyediakan tenda dan beragam fasilitas camping sudah termasuk tiket, sarapan, coffee break, kayu bakar dan jagung juga

1.       Paket 1 IDR Rp 750.000 /orang/malam(kapasitas 4 orang)
2.       Paket 2 IDR Rp 440.000 /orang/malam(kapasitas 2 orang)


Butuh alternative tempat yang nyaman, adem dan tenang untuk bersantai sekaligus menawarkan spot spot yang instagramable? Orchid forest Lembang ini bisa jadi pilihannya.

*harga sewaktu waktu bisa berubah

‘’Keep this place clean during your visit’’






Subscribe to receive free email updates: