Pesona Wisata Pink Beach Komodo National Park NTT

Pulau komodo merupakan salah satu pulau kebanggaan Indonesia yang berada di gugusan kepulauan Nusa Tenggara, Berbagai predikat diraih oleh pulau yang ditemukan pada tahun 1910 ini. Salah satu ulau di Nusa Tenggara Timur ini menjadi tujuan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Pulau ini lagi- lagi menjadi kebanggaan Indonesia karna terpilih sebagai salah satu 7 keajaiban dunia pada tahun 2011. Penentuan ini berdasarkan hasil pemungutan suara yang diikuti masyarakat dari seluruh belahan dunia, bahkan pulau komodo mendapatkan suara terbanyak.

Selain memiliki prestasi sedemikian rupa, pulau komodo juga memiliki keindahan alam yang tak terkira salahsatunya adalah pantai merah atau yang lebih dikenal dengan sebutan pink beach. Pantai ini memiliki pasir berwarna merah muda yang berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya,sangat disayangkan bila anda melewatkan wisata pantai ini. Jika Yunani memiliki Baloss Lagoon yang merupakan pantai menawan berpasir pink. Pecinta travelling tak perlu khawatir jika hanya memiliki waktu yang terbatas untuk berwisata karena Indonsia memiliki pink beach yang brada di pulau komodo Nusa Tenggara Timur yang telah menjadi destinasi wisata yang diidam- idamkan banyak orang.

Pink beach merupakan pantai yang berada di cekungan bagian selatan pulau komodo. Pantai ini merupakan salah satu pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. Beberapa  sumber mengatakan bahwa keindahan pasir pink beach yang unik ini berasal dari batuan koral yang hancur di lautan. Namun versi lain mengatakan pasir pink tersebut berasal dari hewan mikroskopik bernama firaminefera yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Sampai saat ini masih belum diketahui pasti  asal muasal pasir merah muda yang cantik ini.

Pink bach tidak hanya memiliki keunikan pada pasirnya, tetapi juga menjadi tempat wisata yang tepat bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan taman laut Indonesia bagian timur. Wisatawan akan disajikan dengan keindahan karang dank oral yang masih bagus di sekitar pantai yang menjadi habitat ribuan jenis ikan ini. Ta heran jika setiap wisatawan yang berkunjung ke pink beach selalu menyempatkan diri untuk snorkeling pantai ini. Di pantai ini wisatawan juga diperbolehkan untuk mendaki tebing yang berada di sekitar pantai, karena dari atas tebing yang hijau akan terlihat sisi lain keindahan pink beach dari ketinggian.



AKSES MENUJU PINK BEACH

Terdapat tiga cara akses menuju pink beach antara lain :
  • Jalur laut :dengan jalur laut anda bisa menuju pink beach menggunakan kapal dari   tanjung benoa Bali menuju Labuan Bajo  yang membutuhkan waktu kurang lebih satu hari.
  • Jalur Darat :dengan menggunakan jalur darat anda bisa menggunakan angkutan umum (Bus) ke Labuan Bajo lalu menggunakan kapal Ferry untuk enyeberang.
  • Jalur Udara :pesawat dari denpasar menuju labuan bajo memakan waktu 30 menit.
Dermaga Labuan Bajo
Sesampainya di Dermaga Labuan Bajo dengan menggunakan salah satu jalur tersebut, wisatawan masih harus menggunakan kapal ferry untuk menyeberang ke Loh Liang di pulau Komodo. Sedangkan untuk menuju ke Pink Beach Anda bisa berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam atau lebih cepat menggunakan perahu dari Loh Liang yang terletak di Pulau Komodo yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai ke Pink Beach.

TIPS


Disarankan kepada wisatawan yang ingin berkunjung agar membawa bekal yang dibutuhkan seperti makanan dan minuman, obat -  obatan, topi, kaca mata hitam dll,  secukupnya karena tida terdapat toko atau warung di sekitar pantai. Sementara kebutuhan diving dan snorkeling dapat diperoleh di Labuan bajo.  

Karena lokasi pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di harapkan agar berhati hati saat berenang, berjmur, snorking atau diving, kemungkinan komodo berkiaran disekitar pantai . jika anda bertemu dengan komodo berkeliaran di sekitar pantai sebaiknya menjauh. Untuk itu akan lebih baik hendaknya jika dikawal dengan jagawana(polisi hutan) atauguide berpengalaman.

Tarif


Tariff yang dikenakan bagi wisatawan domestik dengan wisatawan manca Negara memiliki rentan harga yang cukup jauh berkisar antara Rp 5000 untuk wisatawan domestic dan Rp 150.000 untuk wisatawan manca Negara. Karena pink beach berada di kawasan Taman National Komodo maka tiket tersebut hanya satu kali pembelian, bisa di gunakan untuk berkeliling Taman national komodo slama satu hari saja.


 ‘’Keep this place clean during your visit’’
 



               

                

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pesona Wisata Pink Beach Komodo National Park NTT"