Wisata Curug Ciastana Cianjur Jawa Barat

Objek wisata baru memang selalu di cari dan di buru untuk dikunjungi, terutama curug (air terjun). Cianjur selatan memiliki banyak air terjun yang tersembunyi dan layak untuk dikunjungi. Cianjur selatan merupakan sebuah daerah yang berada di kabuaten Cianjur bagian selatan Jawa barat. Daerah ini merupakan daerah dataran tinggi sehingga letak geografisnya bergelombang yang menyebabkan Cianjur memiliki banyak Curug (air terjun). Selain itu kebanyakan curug yang ada di Cianjur selatan ini memiliki kondisi yang masih alami . Kealamian inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Semakin tersembunyi maka akan semakin dicari oleh wisatawan karena yang tersembunyi masih memiliki panorama yang alami dan sangat nyaman bila dikunjungi.

Wisata di Cianjur Jawa barat selama ini memang masih belum banyak dikenal oleh wisatawan maka dari itu anda bisa leluasa menikmati keindahan air terjun secara alami dan menyejukkan. Nama air terjun Ciastana belum banyak dikenal karena masih merupakan salah satu wisata baru. keindahan yang di tawarkan adalah air terjun setinggi 50 meter dengan debit air deras yang akan membuat tubuh terasa seperti diberi pijatan saat penat. Curug Ciastana adalah salah satu air terjun yang berada di Cianjur Selatan. Dinamakan Curug Ciastana karena tak jauh dari air terjun ini berada, terdapat sebuah pemakaman warga. Astana berasal dari bahasa sunda yang memiliki arti makam. Hal inilah yang menyebabkan warga sekitar menamai air terjun ini sebagai Curug Ciastana.




Namun setelah sampai ke air terjun ini anda tak perlu khawatir karena keindahan alamnya tak seseram nama yang disandangnya. Keunikan Curug Ciastana di Cianjur ini adalah adanya air terjun mini dibawah air terjun utama. Dimana air terjun mini ini cukup lebar dan membentuk seperti sebuah tirai panjang. Ditambah lagi di bawah air terjun ini terdapat kolam alami yang cocok sebagai tempat bermain anak anak. Kehijauan alam yang masih alami dan mengelilingi tebing bebatuan di sekitar air terjun solah olah menjadi dekorasi yang semakin mempercantik keindahan tempat wisata ini. Namun sayangnya Curug Ciastana masih belum dikelola secara professional baik oleh pemerintah daerah atau pemerintah desa. Oleh karena itu banyak fasilitas yang masih belum tersedia. Untuk area parkir pengunjung bisa menitipkan kendaraan di depan rumah warga sekitar Curug Ciastana. 



Lokasi dan tariff Curug Ciastana 

Air terjun Curug Ciastana yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan ini terletak di desa Bojong kasih, Kadupandak, Cianjur, jawa Barat. Untuk bisa sampai ke wisata Curug Ciastana hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan bermotor ( roda dua). Hal ini dikarenakan letaknya yang sangat terpencil, jalannya yang sempit dan berbatu. Untuk masuk ke tempat wisata belum ditarik biaya retribusi, pengunjung hanya dikenaan biaya parkir saja sebesar Rp 2000 per motor. Sebagai salah satu wisata alam yang masih alami, di wisata Curug Ciastana ini masih belum ada fasilitas yang memadai. Oleh karena itu wisatawan yang ingin berkunjung disarankan untuk membawa segala keperluan dan perbekalan makanan minuman yang dibutuhkan dikarenakan masih belum tersedia warung di sekitar tempat wisata. 

Tertarik dengan wisata air terjun yang masih alami ini? Jangan lupa ajak teman, keluarga dan juga kolega untuk berwisata ke tempat ini. 




 ‘’keep this place clean during your visit”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Curug Ciastana Cianjur Jawa Barat"

Post a Comment