wisata hutan pinus pengger Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang paling cocok buat di jadikan Liburan. Mulai dari wisata kullinernya, temat belanja nya, candi - candi yang terkenal dengan sejarahnya serta budaya nya yang menarik yang membuat yogyakarta memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi dan tak akan membuat wisata anda membosankan. Baru baru ini jogja memiliki destinasi wisata yang sedang booming di kalangan para pecinta traveling yakni wisata hutan pinus tengger yang merupakan kawasan wisata alam dengan suasana dan pemandangan yang masih sangat alami.

Objek wisata yang bertempat di Dusun sendang sari, Terong, Dlingo Bantul, daerah istimewa Yogyakarta ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama anak muda yang gemar ber fotografi karena kawasan wisata ini memiliki banyak spot spot foto yang instagrammable. Kawasan wisata hutan pinus pengger ini
Menjadi salah satu alternatif wisata alam di Yogyakarta. Nama hutan pinus pengger mungkin masih sangat asing untuk sebagian wisatawan, karena kawasan wisata ini terletak agak jauh dari kota Yogyakarta.

Hutan ini menyajikan wisata alam yang masih nampak asri dan alami. wisata hutan pinus tengger diresmikan sebagai tempat wisata pada 7 April 2016 yang saat ini dikola oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Hutan wisata ini menggunakan area hutan dibawah naungan Pengelolaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) Mangunan. Sama seperti wisata hutan pinus lain yang berada diperbukitan Dlingo Bantul. kontur tanah hutan pinus ini berbukit miring sama  dengan kontur tanah dipuncak pinus Becici. Pengunjung yang ingin berwisata di area tengah tengah hutan pinus harus berjalan menaiki puncak bukit melewati tangga sederhana terbuat dari tanah. Disarankan menggunakan alas kaki yang tidak licin.
Sebelum di kembangkan menjadi tempat wisata hutan pinus ini menjadi hutan  produksi, getah pinusnya  disadap untuk bahan baku produksi. pepohonan pinus disini amat rapat. Sehingga cahaya matahari  tidak menembus area dasar pohon. Pemandangan ini akan tampak istimewa bagi para pecinta traveler yang mendambakan hutan pinus yang rapat dan masih terlihat alami. Jia anda mengunjungi kawasan wisata   hutan pinus pengger ini anda akan menikmati suasana yang sejuk dengan angin yang sepoi sepoi dari arah timur dan selatan.

  Keindahan pemandangan alam kawasan wisata hutan pinus pengger ini tentu sudah tidak diragukan lagi. Daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah tersedianya spot spot foto antara lain sarang burung raksasa, jembatan pohon, rumah pohon dan tangga cinta. Hal menarik dari sarang burung raksasa  adalah terhampar gemerlapan pemandangan kota Yogyakarta jika dilihat di malam hari. jika anda ingin menikmati keindahan matahari terbenam anda bisa mendatangi area watu adeg (Watu Ngadeg) atau ujung barat hutan pinus yang ditandai oleh area batu lava vulkanik yang telah membeku. Bila cuaca cukup cerah, akan terlihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi sebelah kanan. Jika ingin lebih lama menikmati keindahan hutan pinus, pengunjung di perbolehkan mendirikan tenda ( ber kemah). Aktivitas ini biasa dilakukan bagi mereka yang ingin menyaksikan panorama keindahan matahari terbit.





Rute menuju wisata hutan pinus pengger

hutan pinus pengger terletak di Dusun sendang sari, Desa Terong, kecamatan Dlingo Bantul, Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 25 km dan bisa dijangkau sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. Meski kawasan wisata ini terletak di area kabupaten Bantul, hutan pinus pengger lebih mudah di akses melalui jalan Wonosari yang menghubungkan kota Yogyakarta dengan Gunung kidul.  Dari arah kota Yogyakarta anda tinggal menyusuri jalan arah Wonosari, piyungan bukit bintang, kemudian akan tiba di pathuk (GCD FM). Jika arah kiri menuju gunung api purba Nglanggeran, maka anda harus mengambil arah belok kanan menuju jalan raya pathuk – Dlingo. Setelah sekitar 4,5 km perjalan anda akan sampai di   wisata hutan pinus pengger yang berada di kanan jalan.


Tarif wisata hutan pinus pengger

Tak perlu tariff mahal untuk menikmati wisata hutan pinus pengger ini, antara lain

Panggung sekolah studi
Rp 2500,per orang
Studio alam
Rp 2000,per orang
Jelajah alam
Rp 10.000,per orang
Sepedah hutan
Rp 10.000,per orang
Panjat tebing
Rp 15.000,per orang

Untuk wisatawan yang ingin berkemah di kawasan wisata hutan pinus pengger ini telah disediakan tempat penyewaan untuk kegiatan pecinta alam seperti lokasi brkemah dikenakan biaya Rp 15.000,per orang per malam, aula Rp 250.000,per 4 jam , dan tempat tidur gantung (hammock) Rp 10.000,per orang.

Objek wisata ini juga memfasilitasi buat para wisatawan yang ingin membuat  dokumentasi atau foto sesi dan sebelum pernikahan (prewedding) dikenakan biaya Rp 200.000,per kegiatan, video klip Rp 250.000,per kegiatan dan film komersial Rp 1.000.000,per hari.




Sedangkan tiket masuk ke area wisata hutan pinus pengger tergolong cukup murah yaitu berkisar antara
Rp 2500,per orang, parkir kendaraan sepedah motor  Rp 2000,per kendaraan, parkir mobil Rp 5000,per kendaraan, dan parkir bus Rp 20.000,per kendaraan,

*harga sewaktu waktu bisa berubah.

Fasilitas pendukung hutan pinus pengger ini tergolong cukup lengkap mulai dari kamar mandi umum, mushola, dan warung penjaja makanan dan minuman.

Ingin menghabiskan waktu libuuran anda di Yogyakarta, wisata hutan pinus pengger bisa jadi solusinya.

“Keep this place clean during your visit”




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "wisata hutan pinus pengger Yogyakarta "

Post a Comment